Tips Merawat Bonsai Cemara Udang

Bila kita berbicara mengenai tanaman hias bonsai, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah bonsai cemara udang yang merupakan salah satu jenis bonsai favourit di Indonesia. Cemara udang ini sangat dicari oleh banyak orang khususnya para pencinta tanaman hias. Karena tanaman ini memiliki pertumbuhan yang menyerupai tanaman yang sengaja dibonsai walaupun sebenarnya tanaman ini tumbuh normal layaknya tanaman lainnya. Keindahan dari tanaman hias ini memang sangat dikagumi siapapun. Selain itu juga umumnya para pembeli memanfaatkan cemara udang ini untuk dijadikan penghias taman dan pemanis kolam ditanam.

Bonsai Cemara

 

Tenaman cemara udang ini banyak sekali ditemukan di pantai gelombang, sumenap, Madura. Walaupun tingginya hanya sekitar 4m, batang cemara ini tidak tumbuh lurus keatas layaknya cemara biasa tetapi cenderung meliuk. Jadi tak heran, setelah berpuluh-puluh tahun bentuknya jadi seperti udang yang bongkok. Khususnya bgaian-bagian ranting kecilnya yang panjang tumbuh rapat, seperti kaki-kaki yang keluar dari tubuh udang. Jadi itulah asal mulanya kenapa penduduk Madura menyebutnya bonsai cemara udang. Yang mana daunnya lurus bagaikan jarum yang panjang sekitar 10-15cm, tumbuh rimbun diranting-rantingnya. Karena sangat begitu rimbun, bahkan saat matahari bersinar terik pun kondisi di bawah cemara ini teduh walaupun daunnya berbentuk seperti jarum. Selain itu itu tanaman ini memiliki nama ilmiahnya yaitu Casuarina Equisetifolia. Keren bukan? J

Bonsai jenis ini merupakan tanaman hias yang sangat menarik dan dapat dijadikan focus pandangan. Jadi tanaman ini akan lebih tampak indah jika ditampilkan bersamaan dengan beberapa jenis tanaman hias lainnya disekitarnya. Adapun tanaman lain yang cocok untuk dipadukan dengan cemara udang ditaman seperti katis kodok, lili paris, dan Miranda palm. Nah tanaman-tanaman tersebut mempunyai warna yang cocok jika dipadukan dengan keindahan liukan cemara udang. Untuk penataan cemara pantai ditaman haruslah ditemptakan ditempat yang banyak terkena sinar matahari. Karena perannya sebagai focus pandanagn, dan cemara udang harus dipelihara lebih tinggi ketimbang tanaman-tanaman di sekelilingnya. Jadi untuk mendapatkan tampilan bonsai cemara udang butuh waktu sekitar 4 bulan supaya tampak lebih bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *