Tips Cara Membentuk Bonsai

Cara membentuk tanaman bonsai

Hai para penggemar bonsai? Tentunya anda sudah tidak heran lagi bukan dengan cara membentuk bonsai. Namun ada sebagian dari anda tidak mengetahui tehnik dalam membuat bonsai dengan bagus dan benar. Bonsai ini merupakan tehnik pengerdilan yang berasal dari Negara jepang. Bila anda hendak melihat langsung caranya tentu banyak sekali video yang dapat dengan mudah anda download sebagai fasilitas anda bila hendak mengetahui cara membentuk bonsai. Nah dibawah ini ada beberapa tehink dalam membuat bonsai, simak berikut!

  1. Pilihlah bibit bonsai yang sehat, daunnya hijau serta tidak terserang hama penyakit. Baiknya bibit berasal dari cangkokan atau stek yang tidak membentuk akar tunggang. Adapun tanamn yang dapat dibikin bonsai yaitu getah perca, kawista, maja, sawo kecik, sawo biasa, sawo durian, crème belanda, jambu biji, jeruk kingking, juwet kerikil, kaca piring, kayu putih, kau manis, asem dan lain sebaginya. Dan sebelum ditanam hendaknya dahan-dahan yang tidak diperlukan dibuang.
  2. Sebagai salah satu cara membentuk bonsai yang petut diperhatikan yaitu ketika memindahkan bakal bonsai dan memisahkan akar dari tanah hendaknya dikerjakan ditempat teduh, untuk memudahkan pembuangan tanah sebaiknya dibasahi terlebih dahulu. Dengan menggunakan pencungkilan dari bambu, tanah bagian bawah dibuang dengan diikuti pemangkasan akar sudah panjang.
  3. Sebelum bakal bonsai ditanam sebaiknya pot sudah tersedia yang medianya sudah dicampurkan dengan tanah liat, pasir dan kompos serta lapisan kerikil.
  4. Setelah pot dan media tanah siap, maka tanamlah bakal bonsai dalam pot. Lalu isi rongga antar akar-akar dengan tanah yang sama campurannya.
  5. Setelah selesai ratakan permukaan tanah yang bias diratakan. Kemudian siramlah bakal bonsai dengan menggunakan sprayer.
  6. Bentuklah kerangka dasar bonsai, ini dapat dilakukan bila bakal bonsai tersebut sehat dan kuat/kokoh
  7. Berikan pemupukan diberikan 3 kali dalam setahun, bagusnya menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang.
  8. lakukanlah pemeliharaan dengan baik untuk untuk meilhat perkembangan dari bulan kebulan.

Jadi pemirsa itulah kiranya tehnik cara membentuk bonsai yang dapat kami bagikan disini untuk anda. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan seni bonsai dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *