Teknik Cara Menggali, Mengangkat dan Menanam Bakalan Bonsai

Menggali Bakalan Bonsai

Ketika kita menemukan bakalan atau calon bonsai yang cocok dan yang masih tertanam di tanah liar dan ingin mengambilnya, tentunya kita harus mengetahuai bagaimana teknik cara menggali, mengangkat dan menanam bakalan bonsai yang baik dan benar. Yang paling menentukan keberhasilan penggalian adalah kehati-hatian agar sistem akar tidak rusak, terutama akar-akar halusnya. Itu semata-mata agar tanaman yang mau kita ambil agar tetap bertahan hidup sampai dipindahkan ke media yang baru. Gunakan alat-alat gali bonsai sesuai keperluan.

Nah berikut ini adalah tips menggali dan mengangkat tanaman yang baik:

  • Gunakan sekop atau cangkul kecil dan galilah sekeliling tanaman secara melingkar dengan diameter minimal tujuh kali diameter batang tanaman.
  • Kedalaman penggalian tergantung jenis tanahnya, tetapi lebih aman adalah tiga kali diameter batang bawah tanaman.
  • Perhatikan akar tunjang yang vertikal. Potonglah akar ini menggunakan sekop, gergaji ataupun pisau secara hati-hati. Jangan sampi merusak akar rambut pada perakaran sekitarnya. Usahakan tanah yang menempel di akar tidak rontok.
  • Setelah itu, cabut tanaman dengan cara digulingkan ke samping. Siapkan kain basah untuk menyelimuti bagian bongkah akar agar tetap lembab. Ikat erat kain tadi agar tanah tidak buyar.
  • Agar kelembaban lebih terjaga, tanaman bisa dibungkus kantung plastik besar. Jika ada cabang-cabang yang terlalu melebar boleh dipangkas tetapi harus tetap menjaga style yang diinginkan. Daun-daun boleh dibuang tetapi jangan sampai gundul agar tanaman tidak menderita.
  • Bawa bakal bonsai tersebut dengan hati-hati sampai rumah.

Setelah sampai rumah, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penanganan calon bonsai tadi.

Menanam Bakalan Bonsai

Jika sesampai rumah Anda belum sempat untuk langsung menanamnya, calon bonsai bisa ditaruh dalam ember besar yang telah diisi sedikit air. Tahap selanjutnya adalah cara menanam bakal bonsai:

  • Pakailah pot yang cukup besar dan mudah untuk dipindah-pindahkan.
  • Sebelum ditanam potonglah akar-akar yang kurang sehat atau mati, minimal akar yang disisakan adalah duapertiganya.
  • Sertakan tanam di sekeliling akar-akar rambut yang mengandung mycorrhiza (jamur yang bersimbiosis dengan akar tanaman yang membantu fungsi akar). Cara lain memperoleh mycorrhiza adalah mengambil tanah dari bawah pohonan lain yang sehat.
  • Campuran media tanam pada pot tersebut harus gembur dan mampu menyimpan air. Gunakan campuran pasir dan kerikil, tanah subur dan humus dengan takaran yang sama.
  • Pot tersebut harus berada di tempat yang teduh dan terlindung dari angin.

Semoga artikel teknik cara menggali, mengangkat dan menanam bakalan bonsai bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *