Seputar Ficus Neriifolia / Pohon Beringin Afrika

Tanaman Beringin Afrika Ficus Neriifolia

Pohon Beringin Afrika Ficus Neriifolia

Ficus Neriifolia – Memiliki nama lokal “Beringin Afrika”. Pada umumnya, tanaman ara atau Ficus sering dijadikan bonsai. Namun tidak semua jenis tanaman dari genus Ficus yang dapat dijadikan bonsai. Dari sekian banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai adalah beringin Afrika. Bonsai dari beringin Afrika ini cukup populer di Indonesia, karena bentuknya yang unik dan indah. Selain itu, sebagai bonsai tanaman ini pun mudah dibentuk / mudah dipangkas dan dapat tumbuh baik di iklim tropis.

Namun siapa sangka bahwa tanaman ini menjadi makanan favorit oleh binatang yang terancam punah di habitat aslinya. Pohon Ficus Neriifolia ini digemari oleh hewan Owa Jambul dan Owa Hoolock Timur yang ada di wilayah Provinsi Yunnan. Binatang tersebut sering memakan buah dan dedaunannya, terutama pada bulan Mei hingga September.

Buah Beringin Afrika/Ficus Neriifolia

Buah Beringin Afrika Ficus Neriifolia

Buah Beringin Afrika Ficus Neriifolia

Apakah buah Beringin Afrika aman dikonsumsi oleh manusia? Sejauh ini belum kami belum menemukan referensi tentang aman tidaknya mengkonsumsi buah ini.

Di negara tertentu kulit batang dari pohon ini diolah menjadi jus yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit bisul. Berani coba? Sebaiknya jangan, karena kita belum tahu bagaimana komposisi tambahan dan cara pembuatan dari jus tersebut, apalagi hal tersebut belum didasari oleh adanya bukti analisa yang mendukung.

Daun Beringin Afrika/Ficus Neriifolia

Daun Pohon Beringin Afrika Ficus Neriifolia

Daun Pohon Beringin Afrika Ficus Neriifolia

Bentuk Daun Pohon Beringin Afrika Ficus Neriifolia

Bentuk Bentuk Daun Pohon Beringin Afrika Ficus Neriifolia

Keberadaannya pohon Beringin Afrika di Indonesia cukup banyak ditemukan. Biasanya pohon ini ditemukan di hutan khususnya di kawasan sungai. Pohon ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 15 meter. Kulit dari batang pohonnya berwarna abu-abu gelap dan memiliki tekstur yang halus. Sementara daunnya berbentuk oval dengan ujung lancip, sehingga bentuknya menyerupai tombak. Untuk buahnya sendiri adalah buah dengan bentuk oval, yang lebih sering ditemukan pada batang pohon yang sudah tua.

Apabila Anda pencinta bonsai dan kebetulan sering menjumpai tanaman dengan klasifikasi/ciri-ciri seperti ini, maka pastikan lebih dulu apakah tanaman tersebut adalah Beringin Afrika /  Ficus Nerrifolia. Jika sudah dapat dipastikan dan hasilnya sesuai, lebih baik Anda menjadikannya sebagai bonsai dengan cara melakukan pencangkokan pada batang pohon yang tepat. Dengan begitu, Anda pun bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis menjanjikan dengan cara membudidayakan bonsai Beringin Afrika.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *