Pohon Ficus Tinctoria yang Bermanfaat di Industri

Pohon Ficus Tinctoria

Pohon Ficus Tinctoria

Ficus Tinctoria – Spesies tanaman ini dikenal sebagai tanaman pencekik karena sebelum tumbuh dewasa secara individu, tanaman ini tumbuh menjadi tanaman rambat muda yang menjalar pada tanaman lain. Setelah menjalar tanaman lain, Ficus ini akan mencekik/membunuh tanaman yang dia jadikan sebagai tuan rumah tersebut. Ficus Tinctroria ini akan menyerap setiap nutrisi pohon yang ia rambati, sehingga ketika dewasa Ficus Tinctroria ini dapat tumbuh menjadi pohon ara berukuran besar yang hidup secara individu.

Walaupun siklus hidupnya selalu merugikan pohon dari jenis lain, buah tapi Ficus Tinctroria ini banyak digunakan sebagai bahan pewarna kain. Tanaman ini tersebar luas di benua Asia, Austria Utara dan pulau-pulau Pasifik di bagian Selatan. Keberadaannya tercatat sebagai pohon berukuran sedang, karena pohon ini dapat tumbuh tinggi dengan ukuran 5 – 15 meter. Ketika dewasa, ia adalah pohon yang tumbuh individu di area tanah bebatuan.

Daun dan Buah Ficus Tinctoria

Daun Ficus Tinctoria

Daun Ficus Tinctoria

Bentuk Daun Ficus Tinctoria

Bentuk Daun Ficus Tinctoria

Klasifikasi daunnya identik dengan bentuk asimetris dengan warna hijau dan memiliki tekstur yang halus. Buah yang dihasilkan berwarna kecoklatan, yang mana buah tersebut sering dijadikan sebagai pewarna merah untuk pembuatan kain tradisional, khususnya di Indonesia. Buah tersebut tidak dapat dikonsumsi karena memiliki rasa yang tidak enak, sehingga masyarakat setempat hanya menjadikan buah yang dihasilkan oleh pohon Ficus Tinctoria ini sebagai zat pewarna kain saja.

Buah Ficus Tinctoria

Buah Ficus Tinctoria

Buah Ficus Tinctoria

Buah Ficus Tinctoria

Faktanya, kain yang diberikan pewarnaan dari buah ini memiliki kualitas terbaik. Warna tersebut tidak mudah luntur dan tidak akan merusak serat kain, sehingga wajar apabila harga dari kain-kain dengan pewarna alami tersebut menjadi lebih mahal, dibandingkan dengan harga kain yang menggunakan pewarna tekstil.

Di negara lain buah tersebut dijadikan sebagai bahan pengobatan beberapa penyakit ringan sampai penyakit berbahaya. Namun, entah seperti apa pemanfaatan dan penggunaannya, karena di negara kita belum ada yang tahu dan belum ada penelitian khusus untuk mendukung tindakan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *