Perbedaan Ras Dari Pohon Ficus Cordata

Pohon Ficus Cordata

Pohon Ficus Cordata

Ficus Cordata – Ada beberapa spesies tanaman ara yang hidup pada dua populasi yang terpisah, yang mana mereka hidup pada habitat yang berbeda. Hal semacam ini dialami oleh tanaman ara yang berasal dari spesies Ficus Cordata, karena populasi hidupnya terbagi antara Afrika Barat dan Afrika Utara. Padahal kedua wilayah tersebut memiliki keadaan yang berbeda, sehingga pertumbuhan dari Ficus Cordata pada wilayah bagian Utara benua Afrika Utara ini hidup secara menonjol sebagai pohon besar dengan tinggi sebatas tebing. Namun sebaliknya, Ficus Cordata yang tumbuh di Afrika Barat cenderung tumbuh lebih pendek dan berukuran kecil dikarenakan habitatnya memiliki kondisi tanah yang gersang.

Daun dan Buah Ficus Cordata

Daun dan Buah Ficus Cordata

Ficus Cordata yang berasal dari ras utara dapat tumbuh maksimal hingga ratusan meter, sehingga ukurannya bisa sepandan dengan tebing-tebing yang tinggi. Bahkan saking besar dan kuatnya, pohon ara Ficus Cordata dari ras utara ini sampai memiliki kemampuan untuk membelah bebatuan. Sementara masyarakat setempat hanya mengagumi keagungan dari keberadaan pohon ara ini, karena mereka tahu keberadaanya merupakan salah satu sumber potensial yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan makhluk hidup lainnya.

Daun Ficus Cordata

Daun Ficus Cordata

Pohon ara dari spesies ini yang hidup di Afrika Utara disebut sebagai ras utara, sedangkan yang tumbuh di Afrika bagian Selatan disebut sebagai rasa nominasi. Walaupun berasal dari spesies yang sama dan tinggal pada tempat yang berbeda, ternyata spesies lebah ara yang melakukan proses penyerbukan di keduanya pun tidaklah sama. Spesies lebah ara yang membantu proses penyerbukan ras nominasi ialah lebah Plateyscapa desertorum Compton dan lebah ara yang membantu proses penyerbukan ras utara berasal dari spesies Comptoniella vannoorti Wiebes.

Buah Ficus Cordata

Buah Ficus Cordata

Penyerbukan dilakukan oleh spesies lebah ara yang berbeda, sehingga hal tersebut memberikan pengaruh besar terhadap hasil produksi buah yang dihasilkan oleh Ficus Cordata ini. Buah yang dihasilkan dari tanaman ara dari ras nominasi berukuran lebih kecil dengan warna yang lebih pucat, sedangkan buah yang diproduksi dari pohon ara ras utara berukuran lebih besar dengan tampilan warna yang lebih terang. Meskipun begitu, buah-buah tersebut memiliki rasa yang hambar, sehingga hanya disukai oleh beberapa jenis hewan saja, seperti serangga, burung dan juga monyet.

Batang Pohon Ficus Cordata

Batang Pohon Ficus Cordata

Ficus Cordata yang hidup di Afrika Utara sering dijadikan sebagai tempat tinggal sekaligus tempat berlindung bagi para binatang dari ancaman para predator/pemangsa. Beberapa jenis binatang yang menjadikan pohon dari ras utara sebagai rumahnya diantaranya adalah beberapa spesies ulat, serangga, burung hingga mamalia. Pohon tersebut juga dijadikan sebagai sumber makanan, sehingga keberadaannya begitu berpengaruh terhadap keseimbangan kehidupan di hutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *