Perbaikan Akar Bonsai

akar bonsai

 

Apabila kondisi perakaran bosai kurang baik akar bisa diperbaiki strukturnya dengan 3 cara yaitu :

1. Mengerat melingkar pada batang tanaman yang berbatasan dengan akar, sama dengan mencangkok hanya saja bekas keratan cukup ditimbuni dengan tanah yang tinggi, pada bagian pinggiran pot bisa di dipasangi lembaran papan untuk menahan tanah yang tadi di tinggikan. Sebaiknya batang yang tadi dikerat terlebih dahulu di olesi dengan rootone powder. Setelah beberapa saat akar akan tumbuh pada batang yang di kerat tadi apabila akar sudah kuat bagian akar bawah atau akar yang lama bisa dipotong.

2. Cara ini untuk tanaman yang masih kecil, dengan memasungkan bagian dasar tanaman kedalam kayu atau keramik berlubang , pastikan kayu atau keramik tertutup tanah minimal sedalam 5 cm. Setelah beberapa saat, lubang tadi akan mencekik batang tanaman akibatnya tanaman akan terangsang untuk memunculkan akar, akar akan tumbuh menyamping karena bagian bawah tertutupi, apabila akar sudah menguat pada bagian bawah kayu beserta akarnya bisa dipotong.

3. Menempelkan beberapa tanaman sejenis yang masih kecil pada bagian bawah tanaman, bagian yang akan ditempel dikerat agar kambium pada masing-masing tanaman bertemu, lalu di ikat. Setelah beberapa waktu tanaman kecil itu akan melekat pada tanaman induk ,maka bagian atas dari tanaman kecil tadi dipotong. Jadi yang bakal menjadi akar utamanya berasal dari tanaman kecil tadi, kalau akar sudah kuat dan membesar, akar tanaman utama dipotong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *