Pemangkasan Untuk Membentuk Bonsai

pemangkasan bonsai

 

Pemangkasan untuk bakal bonsai bertujuan untuk memacu pertumbuhan batang cabang dan ranting agarsemakin besar, sedangkan untuk bonsai yang sudah jadi pemangkasan bertujuan untuk menjaga ukuran  dan bentuk bonsai atau mengengbangkannya agar terlihat lebih sempurna. Ada tiga cara pemangkasan untuk membentuk bosai :

1. Memotong batang bonsai lalu puncaknya digantikan oleh cabang yang paling atas, cabang ini lalu dikawati dan diarahkan sesuai dengan keinginan, bekas potongan akan terlihat menonjol sebaiknya diarahkan kebelakang agar luka pada batang yang dipotong tidak terlihat dari arah depan.

2. Untuk gaya tegak lurus caranya sama seperti diatas, hanya saja batang yang bersebrangan dengan batang teratas dicoak cukup dalam, sisa batang beserta cabang tersebut ditekuk diluruskan keatas untuk meneruskan bentuk batang. Dengan pencoakan bekas potongan akan tertutup dengan rapi dan tetap tegak lurus dengan keruncingan yang ideal.

3. Mengurangi batang bonsai dan nantinya akan tubuh beberapa cabang, cabang tersebut dapat di potong lagi sehingga akan tumbuh cabang sekunder, dengan perawatan dan pembentukan akan membentuk gaya sapu terbalik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *