Mengetahui Ciri Pohon Ficus Sarmentosa

Tanaman Ficus Sarmentosa

Pohon Ficus Sarmentosa

Ficus Sarmentosa – Dalam bahas Nepal, tanaman ara dari spesies Ficus Sarmentosa ini dikenal dengan nama Pohon Ban Timila. Tanaman ara jenis ini masuk dalam golongan pohon kecil atau pohon semak, karena hanya bisa tumbuh maksimal setinggi 10 – 15 meter saja. Meskipun dikategorikan sebagai tanaman semak, namun Ficus Sarmentosa ini memiliki daun berukuran besar dengan bentuk oval yang melebar pada bagian pangkalnya. Daun tersebut berwarna hijau dengan tekstur yang kasar. Daun tersebut tumbuh bersilang dan berdampingan di tangkai daun yang melekat pada batang hingga cabang pohonnya.

Daun Ficus Sarmentosa

Daun Ficus Sarmentosa

Bagian buahnya sendiri penampilannya mirip seperti buah tin, hanya saja buah ini memiliki warna yang lebih terang, yakni hijau kekuningan. Sama halnya dengan spesies tanaman ara yang lain, buah yang dihasilkan oleh Ficus Sarmentosa ini berasal dari proses penyerbukan alami yang dibantu oleh spesies lebah ara. Buah tersebut bisa dimakan, karena mempunyai rasa yang menyegarkan (memiliki rasa asam dan manis), enak dan tidak mengandung zat beracun. Selain dikonsumsi dengan cara dimakan secara langsung, buah dari tanaman ini juga bisa dikonsumsi menjadi hasil olahan buah kering, salad buah, jus hingga selai.

Buah Ficus Sarmentosa

Buah Ficus Sarmentosa

Daging Buah Ficus Sarmentosa

Daging Buah Ficus Sarmentosa

Tak hanya bisa dikonsumsi oleh manusia, karena buah tersebut juga dijadikan sebagai salah satu makanan favorit bagi para binatang penghuni hutan. Daun yang dimiliki oleh Ficus Sarmentosa ini mengandung getah pahit, sehingga binatang tidak menyukainya. Kayu dari ficus ini juga bisa dijadikan sebagai beberapa pernak-pernik cantik, mulai dari gantungan kunci, hiasan dinding, hiasan meja dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *