Mengetahui Ciri Pohon Ficus Glumosa

Pohon Ficus Glumosa

Pohon Ficus Glumosa

Ficus Glumosa – Ficus ini mampu tumbuh mencapai ketinggian 20 meter. Pertumbuhan dan penyebaran dari Ficus Glumosa ini banyak ditemukan pada wilayah hutan tropis. Uniknya, spesies yang satu ini tak hidup di daerah dekat perairan, seperti jenis tanaman ara kebanyakan. Pohon ini sering tumbuh di daerah lereng tebing yang curam dan juga di sekitar tebing yang banyak bebatuan. Oleh karena itu, akar yang dimiliki oleh pohon ara ini begitu kokoh dan menancap kuat di tanah untuk menopang setiap bagian pohonnya yang berukuran besar.

Daun Ficus Glumosa

Daun Atas Ficus Glumosa

Daun Atas Ficus Glumosa

Daun Bawah Ficus Glumosa

Daun Bawah Ficus Glumosa

Batang pohon dari tanaman ini memiliki warna abu-abu gelap dengan tekstur kulit yang halus. Cabang dan ranting pohonnya tumbuh di segala arah dan tak beraturan, dimana mereka ditumbuhi oleh dedaunan secara spiral. Daun-daun tersebut berwarna hijau gelap, berbentuk lonjong dan agak meruncing pada bagian ujung. bagian daun dari Ficus Glumosa ini memiliki sifat pencahar yang sangat efektif untuk mengatasi penyakit diare dan gangguan sistem metabolisme lainnya.

Buah Ficus Glumosa

Buah Ficus Glumosa

Buah Ficus Glumosa

Daging Buah Ficus Glumosa

Daging Buah Ficus Glumosa

Pohon ara yang berasal dari spesies Ficus Glumosa ini mengalami proses penyerbukan dengan bantuan spesies tawon ara tertentu. Buah yang dihasilkan berukuran kecil dan berbentuk bulat, pada umumnya berwarna hijau kekuningan. Di saat matang buah tersebut berubah warna menjadi ungu kemerahan.Buah ini hidup secara bergerombol pada beberapa tangkai buah. Walaupun tak bisa dimakan oleh manusia, namun tetap ada beberapa spesies hewan yang menjadikannya sebagai salah satu sumber makanan favorit. Selain itu, bagian buahnya juga dijadikan sebagai penyebaran benih tanaman baru secara alami, melalui biji buah yang tersebar dengan bantuan binatang yang sudah memakan buahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *