Mengetahui Ciri Pohon Ficus Craterostoma

Pohon Ficus Craterostoma

Pohon Ficus Craterostoma

Ficus Craterostoma – Ficus ini adalah tanaman semak ara yang bersifat sebagai pencekik ara pada awal pertumbuhannya. Pertumbuhan dari Ficus Craterostoma bisa mencapai ketinggian maksimal hingga 20 meter. Pohon semak ara yang satu ini suka sekali hidup di hutan tropis, terutama di daerah rawa dataran rendah, pinggiran sungai, pinggiran pantai hingga pinggiran parit.

Buah Ficus Craterostoma

Buah Ficus Craterostoma

Buah Ficus Craterostoma

Daging Buah Ficus Craterostoma

Daging Buah Ficus Craterostoma

Ficus Craterostoma diserbuki lebah ara dari spesies yang lebih eksklusif. Hal ini membuat tanaman Ficus Craterostoma jarang sekali dapat berbuah. Yang ada, bunga-bunga dan bakal buahnya berjatuhan dalam jumlah besar sebelum mengalami proses pematangan. Kami belum bisa memastikan apakah buah yang diproduksi oleh tanaman ini bisa dimakan. Sebelum matang buah itu tumbuh dengan warna hijau kekuningan dan memiliki bintik putih berukuran besar, dan biasanya ia akan jatuh begitu saja.

Tanaman ara yang satu ini penyebarannya bisa dilakukan dari biji buah dalam kondisi muda (belum matang). Ketika berjatuhan, alam akan membuat buah tersebut mengalami pembusukkan, dimana bagian bijinya akan terlepas dari daging buahnya sehingga biji-biji tersebut dapat tersebar sebagai benih/bibit tanaman ara muda.

Daun Ficus Craterostoma

Daun dan Buah Ficus Craterostoma

Daun dan Buah Ficus Craterostoma

Dedaunan dari tanaman ini berbentuk bulat dan berukuran kecil, yang mana dedaunan tersebut saling tumbuh bertautan di setiap cabang dan ranting pohon. Batang pohonnya sendiri berwarna coklat gelap dengan kulit bertekstur kasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *