Mengetahui Ciri Pohon Ficus Burtt-davyi

Pohon Ficus Burtt-davyi

Pohon Ficus Burtt-davyi

Ficus Burtt-davyi – Nama dari spesies ara ini pasti masih terasa asing bagi kita. Tanaman ini hanya hidup secara endemik di wilayah benua Afrika, khususnya di Afrika Selatan. Tanaman/pohon ara dari spesies Ficus Burtt-davyi tumbuh subur di hutan, terutama pada kawasan pinggir pantai, parit hingga pinggiran sungai.

Tanaman Ficus Burtt-davyi

Tanaman Ficus Burtt-davyi

Batang pohon Ficus Burtt-davyi berwarna abu terang, lentur dan memiliki permukaan kulit yang halus. Pasa awal mula kehidupannya tanaman Ficus Burtt-davyi merupakan jenis pencekik ara, yang mana ia akan membunuh/mencekik pohon tuan rumah dengan cara melilitkan akarnya pada pohon tuan rumah. Tujuannya, semata-mata hanya ingin memenuhi keinginan mendapatkan nutrisi/sumber daya dengan kapasitas yang lebih banyak. Ketika dewasa tanaman ini mampu tumbuh sendiri secara individu dan mandiri. Tanaman ini merupakan pohon rindang dengan ketinggian maksimal berukuran 10 – 15 meter.

Buah Ficus burtt-davyi nana

Buah Ficus burtt-davyi nana

Pohon ara yang satu ini tidak memiliki siklus pembungaan dan pembuhaan pada waktu tertentu, karena kedua proses tersebut terjadi sepanjang tahun yang dibantu oleh spesies lebah ara, sehingga setiap tahun keberadaan bunga dan buahnya selalu tumbuh lebat di atas pohon.

Hasil yang didapatkan dari proses penyerbukan yang diperankan oleh lebah ara, ialah buah ara berwarna hijau kekuningan dengan motif bintik-bintik putih. Buah ara berbentuk bulat dari ficus ini tidak dapat dikonsumsi manusia. Buah-buah tersebut akan terjatuh dengan sendirinya ketika membusuk dan mengering. Beberapa biji yang berada di dalamnya akan menyebar serta akan tumbuh menjadi tunas tanaman baru dari spesies yang sama.

Bonsai Ficus Burtt-davyi

Bonsai Ficus Burtt-davyi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *