Mengetahui Ciri Khusus Pohon Ficus Hispida

Pohon Ficus Hispida

Pohon Ficus Hispida

Ficus Hispida – Spesies tanaman yang terkait di sini adalah Ficus Hispida, nama tersebut memang memiliki kemiripan dengan Ficus Insipida. Namun sebenarnya, kedua tanaman ara ini adalah jenis spesies yang berbeda.

Buah dan Daun Ficus Hispida

Buah Menggantung Ficus Hispida

Buah Menggantung Ficus Hispida

Tanaman yang satu ini memiliki sistem distribusi yang baik. Uniknya, tanaman ara yang satu ini memiliki buah yang mengantung dan menempel pada batang panjang, sehingga terlihat berbeda sekali dengan pohon pada umumnya. Dari kejauhan buah-buah tersebut nampak seperti sejenis hama/lumut yang terlihat menempel pada kulit batang pohonnya. Keberadaan dedaunannya tumbuh pada cabang-cabang pohon kecil yang berada di ketinggian.

Buah Ficus Hispida

Buah Ficus Hispida

Daging Buah Ficus Hispida

Daging Buah Ficus Hispida

Daun Ficus Hispida

Daun Ficus Hispida

Buah dihasilkan dari proses penyerbukan lebah ara, yakni dari spesies Ceratosolen Solmsi, Cearnohabditis sp 35 dan Apocrypta Bakeri. Namun, dari ketiga spesies lebah tersebut, keberadaan dari lebah ara Cearnohabditis sp 35 ditemukan di Aceh, Indonesia. Hal tersebut bisa dijadikan bukti, bahwa kemungkinan besar kehadiran dari pohon Ficus Hispida ini juga tersebar di wilayah kota Aceh.

Habitat aslinya yaitu di Australia. Buah ara yang diproduksi oleh tanaman Ficus Hispida ini dikonsumsi oleh beberapa spesies burung dan binatang mamalia. Jenis burung yang menjadikan buah ini sebagai salah satu sumber makanannya adalah, burung kasuari dan juga burung beo. Spesies binatang mamalia yang sering memakannya adalah monyet dari spesies Leaves Phayre. Sementara, bagian daunnya menjadi makanan favorit bagi para larva / serangga ngengat dari spesies Melanocercops Ficuvorella, yang sekaligus menjadikan pohon ini sebagai habitat atau tempat tinggalnya.

Mengenai buahnya, sebenarnya juga dapat dikonsumsi manusia. Dari segi rasa admin belum menemukan referensinya karena memang sangat jarang dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *