Mengetahui Ciri-Ciri Pohon Karet Kebo/Ficus Elastica

Pohon Pohon Karet Kebo Ficus Elastica

Pohon Pohon Karet Kebo Ficus Elastica

Ficus Elastica – Pohon karet ini memiliki populasi asli di Asia Selatan dan Asia Tenggara, mereka tumbuh secara alami di beberapa negara, seperti Sri Langka, Hindia Barat hingga di Florida. Walaupun dikategorikan sebagai tanaman / pohon ara, namun bentuk morfologi dari Ficus Elastica ini lebih mirip dengan pohon beringin. Mungkin kita lebih mengenal ficus ini dengan nama Karet Kebo. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah Tropis.

Akar Pohon Karet Kebo/Ficus Elastica

Pohon karet kebo memiliki sistem perakaran akar tunggang yang mampu menopang batang pohon yang tumbuh tinggi. Sistem perakaran pohon karet kebo ini menyebar luas sehingga membuat pohon masih bisa tumbuh meskipun dalam faktor-faktor lingkungan tidak menguntungkan.

Batang Pohon Karet Kebo/Ficus Elastica

Batang Pohon Karet Kebo Ficus Elastica

Batang Pohon Karet Kebo Ficus Elastica

Pohon ini dapat tumbuh maksimal setinggi 40 meter, bahkan ada yang ditemukan dengan tinggi mencapai 60 meter. Pohon dari spesies Ficus Elastica ini memiliki batang pohon yang kokoh dengan diameter 2 meter. Batang-batang pohon yang dimilikinya mengembangkan udara/akar gantung yang difungsikan untuk menopang batang pohon yang berat. Ficus ini berbatang kayu silindris, memiliki warna cokelat tua, permukaan halus, percabangan menyebar tidak beraturan menjadikan pohon ini rindang.

Daun Pohon Karet Kebo/Ficus Elastica

Daun Pohon Karet Kebo Ficus Elastica

Daun Pohon Karet Kebo Ficus Elastica

Daun yang dimilikinya berukuran cukup besar, dengan ukuran lebar hingga 45 cm dan memiliki ukuran panjang hingga 18 cm. Daun ficus ini merupakan daun tunggal dan bertangkai tersusun secara selang seling. Daun berbentuk lonjong dengan bagian ujung dan pangkal daun meruncing. Tepi daun rata dan permukaannya mengkilat. Daun muda berwarna merah hati, kemudian menjadi hijau tua setelah tua. Kuncup daun muda tertutup oleh selaput bumbung (ocrea) berbentuk kerucut tajam dan berwarna merah muda.

Bunga Pohon Karet Kebo/Ficus Elastica

Bunga Pohon Karet Kebo Ficus Elastica

Bunga Pohon Karet Kebo Ficus Elastica

Bunga Ficus elastica berwana merah agak kusam dan muncul di ketiak daun. Penyerbukannya sangat memerlukan peran dari satu jenis kumbang. Bunga Ficus ini berjenis bunga tunggal yang berkelamin satu. Kelopaknya mirip mangkok dan mempunyai warna hijau. Benang sari berwarna putih dan memiliki panjang kurang lebih 7 mm. Kepala sari berwarna hitam dan berbentuk bulat. Kepala putik berbentuk bulat panjangnya 1 – 2 cm, berwarna hitam, mahkota berbentuk pita, halus dan kuning.

Buah Pohon Karet Kebo/Ficus Elastica

Buah Pohon Karet Kebo Ficus Elastica

Buah Pohon Karet Kebo Ficus Elastica

Bentuk buah Ficus ini bulat telur panjangnya kurang lebih 1 cm dan berwarna kuning kehijauan. Diameternya berkisar 1 -2 cm. Bijinya berwarna putih, berbentuk bulat terdapat dalam setiap ruang buah. Umumnya jumlah biji tiga dan kadang enam berukuran besar dan kulitnya keras. Warna biji cokelat kehitaman dan bercak-bercak berpola yang khas. Buah tersebut tidak bisa dimakan, karena hanya difungsikan sebagai buah palsu.

Walaupun pohon ini punya kandungan getah yang mirip getah pohon karet, namun secara teknis getah dari pohon karet ara ini tidak bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan karet. Akan tetapi, banyak masyarakat dari beberapa negara yang menjadikan batang pohonnya yang kokoh sebagai bahan instruksi jembatan dan instruksi rumah, khususnya di tempat yang memiliki udara dingin. Pasalnya, batang pohon dari Ficus Elastica ini tak hanya kokoh dan kuat, tapi juga memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca dingin yang ekstrim.

Sementara kegunaan lain secara menyeluruh dari pohon ini, ialah dijadikan sebagai bonsai, karena bentuknya memang begitu unik dan menarik. Terlebih lagi, ketika dijadikan sebagai bonsai, pohon ini mudah untuk dipangkas, sehingga mudah untuk dirapikan dan dibentuk sesuai dengan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *