Mengetahui Ciri-Ciri Pohon Ficus Macrophylla

Pohon Ficus Macrophylla

Pohon Ficus Macrophylla

Ficus Macrophylla – Nama umum dari pohon ara ini adalah Pohon Bayan Australia, karena habitat asalnya memang berada di wilayah Benua Australia. Pada awal pertumbuhannya sebagai pohon ara muda tumbuh secara epifit sebagai pencekik ara. Dimana ia akan membunuh pohon yang memiliki ukuran yang lebih besar darinya, tujuannya untuk mendapatkan sumber energi dan sumber makanan dengan lebih cepat sehingga pertumbuhannya pun bisa berjalan maksimal. Berdasarkan jenisnya, Ficus Macrophylla ini dikategorikan sebagai pohon beringin hijau karena ukurannya yang besar. Ukuran tinggi pohon ini mencapai sekitar 60 meter atau setara dengan 200 kaki.

Pohon Ficus Macrophylla

Pohon Ficus Macrophylla

Pohon ini memiliki daun berukuran hijau dengan diameter 15 – 30 cm. Daun tersebut berwarna hijau tua. Pohon yang berasal dari spesies ara Ficus Macrophylla dapat berbuah sepanjang tahun. Buahnya berukuran kecil dan berbentuk bulat dengan warna kehijuauan. Buah tersebut akan matang dengan perubahan warna menjadi ungu. Buah yang dihasilkan dapat dimakan manusia dan beberapa spesies burung, seperti beo serta merpati.Spesies burung yang memakannya juga memiliki peran untuk menyebarkan biji buah Ficus Macrophylla. Burung-burung akan memakan daging buahnya dengan berantakan sehingga biji buahnya berjatuhan ke tanah yang kelak tumbuh menjadi bibit tanaman baru.

Daun dan Buah Ficus Macrophylla

Daun dan Buah Ficus Macrophylla

Bonsai Ficus Macrophylla

Bonsai Ficus Macrophylla

Sementara cara vegetative bisa dilakukan dengan cara stek maupun cangkok. Pohon ini juga menjadi alternatif sebagai tanaman hias maupun bonsai, dimana ketika dijadikan sebagai tanaman hias atau bonsai siklus hidupnya akan lambat. Biasanya apabila dijadikan bonsai, tanaman ini sulit untuk berbuah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *