Mengetahui Ciri-Ciri Pohon Ficus Destruens

Tanaman Ficus Destruens

Pohon Ficus Destruens

Ficus Destruens – Hutan hujan tropis merupakan salah satu tempat favorit bagi pertumbuhan Ficus Destruens, dimana keberadaannya tersebar luas di Benua Australia. Kemungkinan besar, tanaman ara yang satu ini juga banyak ditemukan di Indonesia, karena tanaman ini sangat suka hidup di daerah beriklim tropis.

Daun Ficus Destruens

Daun Ficus Destruens

Adapun ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh spesies ara yang satu ini ialah, pertumbuhannya dapat tumbuh maksimal hingga 32 meter. Oleh karena itu tanaman ini dikelompokkan menjadi jenis pohon ara berukuran sedang. Ranting dan cabang pohonnya menyebar di segala arah, yang mana cabang-cabang tersebut ditumbuhi oleh daun yang lonjong dan berukuran besar. Untuk buah yang dihasilkan berwarna hijau, ketika matang akan berubah warna menjadi oranye. Buah dengan bentuk bulat ini tidak dapat dimakan meskipun terlihat begitu lezat.

Buah Ficus Destruens

Buah Ficus Destruens

Daging Buah Ficus Destruens

Daging Buah Ficus Destruens

Ficus Destruens memulai kehidupan pertamanya sebagai pencekik ara untuk mendapatkan sumber matahari dan sumber makanan dengan lebih banyak. Pada awalnya ia akan menancapkan akarnya kuat-kuat ke tanah, kemudian akar tersebut akan tumbuh menjalar dan melilit pohon yang menjadi tuan rumahnya. Biasanya pohon yang menjadi sasarannya akan mati secara perlahan-lahan. Ketika pohon sudah besar sifat sebagai ara pencekik sudah ditinggalkan, karena pohon ini akan memulai pertumbuhan pendewasaan hidupnya secara individu dan mandiri. Biasanya jenis pohon yang dijadikan sasarannya adalah pohon palem, pohon eg, pohon cemara gundul dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *