Mengetahui Ciri-Ciri Pohon Ficus Aurea

Pohon Ficus Aurea

Pohon Ficus Aurea

Ficus Aurea – Tanaman ara spesies ini berasal dari Florida, kemudian tersebar di wilayah lain seperti Amerika Selatan, Amerika Tengah, Florida hingga Meksiko. Ketika muda, Ficus Aurea berperan sebagai ara pencekik untuk bisa tumbuh dewasa dengan cepat. Setelah tujuan tersebut tercapai, ia tidak lagi memiliki sifat yang dapat membunuh tanaman lain, karena ketika dewasa tanaman ini tumbuh secara individu dan mandiri. Ficus Aurea dapat tumbuh setinggi 30 meter (100 kaki).

Penyerbukan bunga ara hanya bisa dilakukan oleh spesies lebah ara tertentu. Dari proses penyerbukan tersebut diperolehlah buah ara dengan banyak manfaat. Selain bisa dikonsumsi oleh manusia, buah tersebut dijadikan sebagai pewarna alami. Selain itu, buah ara yang dimiliki oleh Ficus Aurea merupakan sumber makanan bagi para jenis binatang, mulai dari mamalia, spesies burung, reptil hingga serangga.

Buah Ficus Aurea

Buah Ficus Aurea

Buah Ficus Aurea

Daging Buah Ficus Aurea

Daging Buah Ficus Aurea

Produksi buah ara yang dimilikinya berwarna hijau dan ketika matang akan berubah menjadi kuning. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah tersebut juga dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan seperti buah kering, selai hingga diolah menjadi jus yang menyegarkan.

Pohon Ficus Aurea memiliki ukurannya yang besar, tinggi, rindang dan dilengkapi dengan adanya akar udara/akar gantung yang tumbuh di batang pohonnya. Pohon ini sering dijadikan sebagai habitat bagi beberapa binatang, karena dianggap dapat melindungi dari berbagai macam gangguan dan bahaya yang mengancam.

Daun Ficus Aurea

Daun Ficus Aurea

Daun Ficus Aurea

Pohon Ficus Aurea ini begitu rindang karena memang setiap bagian cabangnya dipenuhi dengan banyak daun. Dedaunanya berukuran cukup besar. Bentuk daunnya bervariasi ada yang berbentuk bulat, elips, hati hingga lonjong.

Akar Udara Ficus Aurea

Akar Udara Ficus Aurea

Bagian lain yang dapat dimanfaatkan adalah akar udara/akar gantung yang dimilikinya, karena sebagian besar masyarakat di Florida menjadikannya sebagai obat tradisional yang berkhasiat. Sementara untuk bagian pohon secara keseluruhan, dapat dijadikan sebagai pagar hidup, tanaman hias hingga bonsai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *