Mengenal Spesifikasi Ficus Pumila Var. Awkeotsang

Tanaman Ficus Pumila Var. Awkeotsang

Tanaman Ficus Pumila Var. Awkeotsang

Ficus Pumila Var. Awkeotsang – Karena berasal dari satu spesies yang sama, tentu saja tanaman ini memiliki banyak kemiripan dengan Ficus Pumila, hanya saja kehadiran dari Ficus Pumila Var. Awkeotsang ini lebih spesifik. Jika tanaman dari spesies Ficus Pumila biasa hanya menyukai batang pohon dan dinding tinggi sebagai tempat rambatnya, maka berbeda dengan Ficus Pumila spesifikasi Var Awkeostang ini. Ficus ini lebih sering dijumpai tumbuh di dekat pohon Kelapa Betel dan menjalar di batang pohonnya. Pohon kelapa tersebut digunakan sebagai jalur rambatan agar tanaman ara ini bisa tumbuh lebih tinggi.

Ficus Pumila Var. Awkeotsang bukanlah jenis tanaman pencekik yang akan membunuh pohon yang dirambatinya, karena ia hanya tumbuh di sebelahnya kemudian hanya sekedar menjadikan pohon/tempat lebih tinggi sebagai rambatan. Apabila ditemukan tumbuh di padang rumput yang luas, maka tanaman ini hanya menjalar penuh ke tanah maupun di bebatuan.

Daun Ficus Pumila Var. Awkeotsang 

Daun Ficus Pumila Var. Awkeotsang

Daun Ficus Pumila Var. Awkeotsang

Berbeda, tapi banyak kesamaan itulah sebutan spesies turunan dari Ficus Pumila, yang memiliki nama latin Ficus Pumila Var. Awkeotsang ini. Sebab, tanaman ara yang sedang dibahas ini juga memiliki bentuk dan ukuran daun yang begitu mungil dengan tekstur yang halus dan tipis. Bunganya pun tumbuh begitu indah, sehingga beberapa jenis kupu-kupu merasa tertarik untuk menghisap nektarnya. Sementara proses penyerbukannya sendiri hanya bisa dilakukan oleh spesies lebah ara.

Buah Ficus Pumila Var. Awkeotsang

Buah Ficus Pumila Var. Awkeotsang

Buah Ficus Pumila Var. Awkeotsang

Daging Buah Ficus Pumila Var. Awkeotsang

Daging Buah Ficus Pumila Var. Awkeotsang

Buah dari Ficus Pumila Var. Awkeotsang ini biasanya diolah menjadi buah kering, selai, jus dan dimakan secara langsung. Biji buahnya tidak dibuang begitu saja. Di beberapa negara, seperti Taiwan dan Singapura, menjadikan biji buahnya sebagai jeli yang lezat. Jeli tersebut diproses/dimasak dengan campuran bahan pemanis alami dan juga lemon/jeruk nipis. Hasil olahan tersebut begitu digemari oleh masyarakat di Singapura dan Taiwan.

Apakah anda pernah menemukan Ficus Pumila Var. Awkeotsang di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *