Mengenal Pohon Raksasa Ficus Ilicina

Pohon Ficus Ilicina

Pohon Ficus Ilicina

Ficus Ilicina – Habitat asli dari spesies pohon/tanaman ini berada di Benua Afrika, khususnya dalam wilayah semi gurun yang terdapat pada wilayah Barat Daya. Jika pada umumnya pohon ataupun tanaman ara sangat suka hidup di dekat perairan, tapi tanaman ara yang satu ini lebih banyak tumbuh pada area bebatuan. Pohon ini memiliki akar pokok yang begitu kokoh yang mampu mencengkram kuat di bawah bebatuan untuk menopang setiap bagian dari tubuhnya.

Daun dan Buah Ficus Ilicina

Daun dan Buah Ficus Ilicina

Pohon Ficus Ilicina Disebut sebagai pohon raksasa karena bisa tumbuh besar dan kuat. Pohon ini mampu tumbuh setinggi 1.300 meter, sehingga tak heran karena ukurannya tersebut ia memiliki kemampuan untuk membelah bebatuan. Pohon ara dari spesies ini dapat tumbuh di beberapa tempat, baik di daerah tropis maupun subtropis.

Daun Ficus Ilicina

Daun Ficus Ilicina

Di tempat asalnya, spesies ara ini lebih dikenal sebagai Pohon Ara Berdaun Merah. Sebab, daun yang dimilikinya memiliki warna yang bervariasi, salah satunya adalah warna merah. Batang pohonnya berwarna abu gelap, berukuran besar dan mempunyai tekstur permukaan yang kasar. Ranting pohon dan cabang-cabang pohonnya menyebar ke seluruh penjuru arah secara tidak beraturan. Tidak ditemukan adanya akar gantung/akar udara pada pohon ara berukuran raksasa ini. Hanya saja, pohon ini sangatlah rindang dengan dedaunan berwarna hijau dan berukuran kecil, terlihat tumbuh menutupi setiap bagian ranting dan cabang pohon secara teratur.

Buah Ficus Ilicina

Buah Ficus Ilicina

Karena ukuran yang dimilikinya, keberadaan dari pohon ini sering dijadikan sebagai habitat oleh para spesies hewan yang ada di hutan seperti para burung, serangga hingga beberapa spesies mamalia. Untuk bagian buah dan daunnya banyak dijadikan sebagai sumber makanan oleh para hewan yang sekaligus menjadikannya sebagai tempat tinggal.

Sekitar tahun 1679 ditemukan banyak bangunan rumah miliki suku pedalaman benua Afrika yang bermukim di bawah pohon ini, selain ingin melindungi rumah mereka dari cuaca buruk, mereka pun memanfaatkan pohon ini sebagai sumber kehidupan. Mereka juga mengkonsumsi dedaunan dan buah-buahan yang dihasilkan oleh pohon ini. Dedaunan dari Ficus Ilicina ini memiliki sifat dan kandungan zat yang dapat difungsikan untuk pengobatan. Sementara buah yang berwarna kemerahan dan berukuran kecil ini memang memiliki rasa yang layak dimakan untuk manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *