Mengenal Pohon Ficus Variegate

Pohon Ficus Variegate

Tanaman Ficus Variegate

Ficus Variegate – Tanaman ini sering disebut sebagai ara umbi batang merah, karena batang pohon dari tanaman ini berwarna merah, sehingga akan mudah untuk dikenali.

Tanaman Ficus Variegate di Pot

Tanaman Ficus Variegate di Pot

Pada umumnya, tanaman ara dikelompokkan menjadi beberapa bagian, yakni ara pohon, ara semak dan ara rambat. Dari bentuknya, tanaman Ficus Variegate ini termasuk golongan ara rambat, tapi tak memiliki sifat mencekik pohon yang dijadikan tempat rambatannya. Biasanya pohon tersebut lebih dikenal dengan istilah pohon tuan rumah. Tanaman ara yang satu ini hidup berdampingan dengan pohon tuan rumah dan mereka pun tidak menghisap makanan satu sama lainnya.

Daun Ficus Variegate

Daun Ficus Variegate

Daun Ficus Variegate

Ficus Variegate tumbuh menjalar pada pohon yang lebih tinggi untuk mendapatkan suplai sinar matahari yang cukup. Batang pohon ficus ini dipenuhi oleh daun berbentuk bulat oval dengan warna hijau dengan putih di tepinya. Walaupun dikategorikan sebagai ara rambat, tapi tanaman ini memiliki batang pohon yang kuat dengan teksturnya yang lentur. Batang pohonnya dulunya sering digunakan sebagai tali atau alat pengikat secara tradisional.

Buah Ficus Variegate

Buah Ficus Variegate

Buah Ficus Variegate

Daging Buah Ficus Variegate

Daging Buah Ficus Variegate

Selain di Asia, tanaman ara rambat ini juga tersebar di benua Australia. Buahnya menjadi makanan burung kasuari dan burung beo ara. Tak hanya disukai oleh beberapa spesies burung, buah ara yang dihasilkan oleh tanaman ini juga begitu disukai oleh beberapa spesies binatang mamalia, seperti monyet. Walaupun buahnya memiliki rasa yang tidak lazim dibandingkan dengan jenis buah pada umumnya, namun buah tersebut tidak memiliki kandungan zat beracun sehingga aman sekalipun dikonsumsi/dimakan oleh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *