Mengenal Pohon Ficus insipida 

Pohon Ficus Insipida Sonora

Pohon Ficus Insipida Sonora

Pohon Ficus Insipida

Pohon Ficus Insipida

Ficus Insipida – Pohon dengan nama latin Ficus Insipida ini banyak ditemukan di wilayah tropis, khususnya di kawasan hutan dan keberadaannya juga tersebar di berbagai negara. Tanaman ini merupakan jenis pohon yang tinggi menjulang, karena pohonnya bisa tumbuh maksimal dari 8 hingga 40 meter. Uniknya disaat muda, pohon ini tumbuh sebagai tanaman rambat yang sering menempel pada pohon Sapium Pachystachys maupun pohon Guarea Tuisana. Ketika beranjak dewasa, pohon Ficus Insipida ini akan mencekik dan membunuh pohon yang ditempelinya, sehingga ia dapat tumbuh sendiri dan berdiri bebas ketika dewasa.

Bentuk Daun Ficus Insipida

Bentuk Daun Ficus Insipida

Bentuk Daun Ficus Insipida

Daun Ficus Insipida

Daun Ficus Insipida

Untuk karakter daunnya, begitu khas dengan bentuk elips yang lebar. Pohon ini tidak dapat berbunga setiap saat, karena siklus pembungaannya hanya terjadi pada sekitar bulan Februari hingga pada bulan April.

Buah Ficus Insipida

Buah Ficus Insipida

Buah Ficus Insipida

Daging Buah Ficus Insipida

Daging Buah Ficus Insipida

Produksi buah dari Ficus Insipida ini berwarna kuning kehijauan, berbentuk bulat dengan diameter berukuran 4 – 6 cm, yang mana buah tersebut bisa dimakan, tapi buah tersebut memiliki rasa yang hambar.

Disebabkan karena ketika muda berasal dari tanaman merambat, tentu saja membuat Ficus Insipida ini memiliki tekstur kayu / batang pohon yang lunak.

Di Amerika Selatan, pohon ini dijadikan sebagai tanaman obat cacing yang dikenal dengan nama oje. Kendati demikian, mereka sangat berhati-hati dalam menggunakannya, karena di dalam tanaman ini juga terdapat kandungan racun berbahaya. Mereka melakukannya dengan menggunakan takaran dan komposisi yang benar-benar pas. Cara pemakaiannya pun juga begitu diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *