Mengenal Pohon Ficus Bizanae yang Hampir Punah

Pohon Ficus Bizanae

Pohon Ficus Bizanae

Ficus Bizanae – Spesies tanaman ini dikategorikan sebagai pohon yang hampir punah, karena keberadaan dari habitat mereka terancam hilang akibat polemik perusakan hutan yang tak unjung usai. Di Benua Afrika, khususnya pada wilayah Afrika bagian Selatan tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan Pohon Pondoland Ara.

Buah Ficus Bizanae

Buah Menggantung Ficus Bizanae

Buah Menggantung Ficus Bizanae

Buah Ficus Bizanae

Buah Ficus Bizanae

Pohon ini memiliki buah yang tumbuh di batang pohon yang sudah tua. Sementara, pada cabang-cabang pohon yang lebih muda hanyalah sekumpulan ranting berdaun yang kokoh dan juga kuat.Produksi buah yang dihasilkan berbentuk bulat telur (agak lonjong pada bagian ujung) dengan warna merah ketika matang dan memiliki warna hijau sebagai buah ara muda. Meski punya warna, bentuk bahkan aroma yang lezat, sebenarnya buah tersebut tidak bisa dimakan karena memiliki rasa yang hambar dan memiliki kandungan racun yang dapat membahayakan tubuh manusia yang mengkonsumsinya.

Daun Ficus Bizanae

Daun Ficus Bizanae

Daun Ficus Bizanae

Daun Ficus Bizanae berbentuk bulat dan memiliki ujung daun yang agak runcing, sehingga daun hijau tersebut nampak seperti berbentuk hati. Bagian bunganya hanya diserbuki oleh spesies lebah ara Courtella, dimana mereka juga menjadikan bunga ara tersebut sebagai tempat untuk berkembang biak. Daun Ficus Bizanae tak bisa dikonsumsi. Proses pertumbuhan dan perkembangbiakan dari Ficus Bizanea ini dilakukan oleh penyebaran biji buahnya.

Daun yang dimiliki oleh Pohon Ficus Bizanae ini memiliki bentuk yang indah, sehingga cocok dibudidayakan sebagai tanaman hias dan juga bonsai. Semakin banyak orang yang berniat untuk membudidayakannya, itu berarti pohon ara dari spesies ini masih memiliki harapan untuk hidup, walau tidak selalu berada pada habitat aslinya.

Habitat Ficus Bizanae yang semakin langka seharusnya bisa diantisipasi mulai dari sekarang, dengan cara melakukan pembudidayaan dan pelestarian tanaman ara dari Ficus Binzanea. Sebab, akan sangat disayangkan sekali di saat seluruh lapisan dunia belum banyak yang mengetahui tentang tanaman langka ini, sehingga ia akan punah dengan sendirinya tanpa ada yang pernah tahu mengenai keberadaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *