Mengenal Pohon Daun Amplas/Ficus Exasperata

Pohon Ficus Exasperata

Pohon Ficus Exasperata

Ficus Exasperata – Spesies ara yang satu ini disebut juga sebagai pohon daun amplas, karena tekstur daun yang dimilikinya kasar layaknya amplas yang biasa digunakan untuk memoles kayu. Spesies ini tersebar luas di Benua Asia, yang mana keberadaannya juga banyak ditemukan di negara kita.

Pohon Ficus Exasperata pertumbuhan mampu mencapai tinggi maksimalnya hanya mencapai 30 meter saja. Tanaman ara yang dikenal sebagai pohon amplas daun ini, bagian batangnya mengembangkan akar udara/akar gantung dengan pertumbuhan menjuntai ke arah bawah. Di sisi lain dia juga memiliki akar pokok yang kuat dan kokoh yang tertancap di dalam tanah. Akar pokok dari pohon ini siap untuk menopang beban dari pohon ini, karena pohon ini begitu rindang berkat adanya cabang-cabang yang tersebar luar ke seluruh bagiannya. Cabang pohon tersebut dipenuhi oleh dedaunan berwarna hijau gelap dengan bentuk elips/bulat telur.

Buah Ficus Exasperata

Buah Ficus Exasperata

Pertumbuhan bunga yang dimiliki oleh Ficus Exasperata bersifat unisexual (bisa menjadi jantan sekaligus betina), bunga tersebut memiliki warna yang bervariasi, mulai dari kuning, oranye, kemudian menjadi merah mudah dan berubah menjadi merah terang sebelum berjatuhan. Dalam proses penyerbukannya, tanaman ini dibantu oleh lebah ara dari spesies Kradibia gestroi.

Perkembangbiakan/membudidayakan tanaman ini bukan hanya dilakukan secara alami (dengan reproduksi seksual), tetapi juga bisa dilakukan dengan cara vegeratif, yakni memperbanyak penyebaran pertumbuhannya dengan biji buah dan dengan cara stek. Selain dibudidayakan langsung di hutan, tanaman dari spesies ini juga banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias, terutama untuk bonsai. Walaupun tujuannya sama-sama untuk melestarikan, tapi di saat dijadikan sebagai tanaman hias dan juga bonsai, siklus pertumbuhan dari tanaman ini cendrung kurang maksimal, karena ia tidak bisa menghasilkan bunga dan buah, pertumbuhannya pun akan menjadi lebih pendek.

Daun Atas Ficus Exasperata

Daun Atas Ficus Exasperata

Daun Bawah Ficus Exasperata

Daun Bawah Ficus Exasperata

Kegunaan dari Ficus Exasperata/pohon daun amplas ini banyak dipakai sebagai tanaman obat dengan cara diekstra. Ekstra dari pohon Ficus Exasperata ini berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti penyakit hipotensi (tekanan darah rendah), berbagai penyakit kulit, influenza dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan zat penting yang memiliki sifat sebagai anti-inflamasi, antipiretik, anti-ulkus, analgesik dan mencegah aktivitas penurun lipid. Tak hanya itu saja, daun dari pohon ini pun sering digunakan sebagai amplas alami untuk memoles kayu dan benda lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *