Mengenal Pohon Ara Pisang/Ficus Crassipes

Tanaman Ficus Crassipes

Pohon Ficus Crassipes

Ficus Crassipes – Nama lain ficus ini adalah pohon Ara Pisang berdaun bulat. Adalah ficus yang hidup endemik di iklim tropis basah tepatnya di Queensland Australia. Pohon ini berbatang besar berwana coklat berbentuk silinder berongga. Ficus dari spesies ini dapat tumbuh setinggi 20 meter.

Tanaman Ficus Crassipes

Pohon Ficus Crassipes

Daun Ficus Crassipes

Daun Ficus Crassipes mempunyai ukuran panjang 7 – 22 cm dan lebarnya berkisar 5 – 15cm. Ficus ini juga menghasilkan buah dengan bentuk mirip seperti buah pisang namun berukuran mini dengan warna hijau kekuningan saat mentah. Jika sudah matang warnanya akan berubah menjadi ungu kemerahan.

Buah dan Daun Ficus Crassipes

Buah dan Daun Ficus Crassipes

Buah Ficus Crassipes

Buah Ficus Crassipes tidak bisa dimakan oleh manusia karena memiliki rasa yang hambar dan agak getir. Ini dikarenakan kandungan getah berlebih yang terdapat didalamnya. Walaupun demikian, beberapa jenis hewan suka sekali dengan buah tersebut, khususnya adalah beberapa spesies semut, serangga dan ulat.

Sementara ini, pemanfaatan dari Ficus Crassipes hanya dijadikan sebagai tanaman hias, baik di dalam maupun di luar ruangan. Pohon ini memiliki bentuk yang unik dan menarik, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai penghias.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *