Mengenal Lebih Jauh Tentang Pohon Buah Tin/Ficus Carica

Pohon Buah Tin / Ficus Carica

Pohon Buah Tin / Ficus Carica

Ficus Carica / Pohon buah Tin – Walaupun Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman tumbuhannya, tapi tidak semua bisa kita kenal dari sebutan nama latinnya. Sebab, nama latin dari suatu tumbuhan cenderung susah diucapkan dan sekaligus sulit untuk diingat. Sebagai jalan tengahnya, kita pun merasa lebih nyaman apabila mengenal jenis-jenis tanaman dari nama atau sebutan lokalnya saja. Sebagai penduduk asli Indonesia, pasti Anda sudah cukup familiar dengan pohon buah tin. Namun siapa sangka, bahwa pohon yang terkenal ini memiliki nama latin / nama ilmiah, dengan sebutan Ficus Carica.

Pohon buah tin ini bukan hanya banyak dijumpai di Indonesia saja, karena juga banyak dijumpai di berbagai negara lainnya, terutama di Arab Saudi. Buah dari pohon ini, yakni buah tin memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh. Penjelasan tersebut juga tercantum di dalam AL-Qur’an dan juga kitab dari agama lain, seperti Alkitab Ibrani dan Taurat. Selain memiliki banyak khasiat, buah tin memiliki rasa yang enak dan segar ketika dimakan. Oleh karena itu wajar saja, apabila tin dianggap sebagai buah yang istimewa.

Bentuk Daun Pohon Tin/Ficus Carica

Bentuk Daun Pohon Tin Ficus Carica

Daun Pohon Tin Ficus Carica

Sebelum membahas lebih jauh mengenai khasiat dan keistimewaan dari buah tin, sebaiknya Anda harus mengenal ciri-ciri dari pohonnya terlebih dahulu. Pohon dari buah tin ini berukuran besar dan dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 10 meter. Batang pohonnya berwarna abu-abu gelap dengan tekstur yang cukup lunak. Sementara, ukuran daunnya cukup besar dengan bentuk berlekuk, seperti cuping dan beragam-ragam bentuk tergantung jenisnya. Sedangkan, bagian bunganya hampir tak terlihat karena keberadaannya dilindungi oleh dasar bunga tertutup, sehingga bunga tersebut nampak seperti buah.

Buah Pohon Tin/Ficus Carica

Bentuk Buah Tin Ficus Carica

Buah tin jenis Brown Turky

Buah tin memiliki banyak ragam jenis, diantaranya yang familier adalah jenis Green Yordan, Brown Turky, Blue Giant, Purple Yordan, dan masih banyak jenis lainnya. Untuk Jenis Brown Turky buahnya berwarna hijau, ketika sudah masak atau sudah matang warnanya akan berubah menjadi coklat keunguan. Selain bisa dimakan secara langsung, buah tin dapat dikonsumsi dengan cara dikeringkan dan dapat diolah menjadi selai. Rasa buah Tin sangat manis, dan masing-masing jenisnya memiliki ciri khas rasa yang sedikit berbeda-beda.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Tin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah yang dihasilkan dari pohon ficus carica (buah tin) mempunyai banyak khasiat ampuh untuk kesehatan tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan zat anti bakteri, anti jamur, anti virus, kalium, kalsium, omega 3, Trytophan, Coumarin, Pektin, serat hingga antioksidan. Berkat kandungan berbagai zat tersebut buah tin punya segudang manfaat, diantaranya seperti menurunkan berat badan berlebih (obesitas), membunuh kandungan racun dan bakteri di dalam tubuh, mencegah anemia, mencegah penyakit akibat gangguan sistem pencernaan, meringankan gejala asma, mengobati hipertensi, menyembuhkan penyakit kanker dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Karena adanya semua itu, banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan pohon buah tin. Sebenarnya, pohon ini tidak berasal dari negara tropis seperti Indonesia. Beberapa orang membudidayakan pohon buah tin ini dengan menggunakan metode tabulampot. Sebab proses pengaplikasiannya mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan ukuran lahan yang luas.

Namun Anda pun harus tahu, meskipun buah dari pohon ficus carica yang dikenal dengan nama buah tin kaya akan manfaatnya, tapi Anda harus tetap berhati-hati. Pasalnya, batang pohon buah tin ini memiliki  kandungan getah yang dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, sehingga Anda harus berhati-hati, khususnya saat hendak membudidayakannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *