Mengenal Lebih Jauh Spesies Ficus Sycomorus

Pohon Ficus Sycomorus

Pohon Ficus Sycomorus

Ficus Sycomorus – Tanaman ara dari spesies ini lebih dikenal sebagai tanaman ara murbei, karena tanaman ini memiliki daun yang hampir dengan daun murbei. Spesies yang satu ini ditemukan di banyak negara, dengan sistem pertumbuhan secara natural atau alami atau tumbuh dengan sendirinya. Habitat favorit dari tanaman ara Ficus Sycomorus ini adalah di kawasan yang dekat dengan sungai dan juga di hutan dengan kelembaban tinggi.

Buah Ficus Sycomorus

Buah Ficus Sycomorus

Sejauh ini memang belum ditemukan tanda-tanda penyebaran Ficus Sycomorus di daratan Indonesia. Meskipun begitu, tak akan jadi masalah bila harus mengenal spesies tanaman ini secara lebih jauh. Tanaman Ficus dari spesies Sycomorus ini dikelompokkan menjadi tanaman pohon berukuran besar, karena ia dapat tumbuh tinggi hingga 20 meter.

Daun Ficus Sycomorus

Daun Ficus Sycomorus

Daun Ficus Sycomorus

Daun Bawah Ficus Sycomorus

Daun Bawah Ficus Sycomorus

Daun yang dimilikinya berbentuk hati yang tersusun secara spiral di ranting pohon. Daun tersebut memiliki ciri khusus, karena memiliki permukaan berwarna hijau gelap dengan tekstur yang kasar, sedangkan di bagian bawahnya berwarna hijau terang dengan motif urat kuning yang terlihat dominan.

Buah Ficus Sycomorus

Buah Matang Ficus Sycomorus

Buah Matang Ficus Sycomorus

Daging Buah Ficus Sycomorus

Daging Buah Ficus Sycomorus

Pohon Ficus Sycomorus ini menghasilkan buah ara dengan ukuran yang lumayan besar, yakin 2 – 3 cm. Proses pematangannya ditandai dari warna hijau muda, hijau kekuningan kemudian menuju warna merah. Sementara bagian kulit pohonnya sendiri, berwarna hijau kekuningan seperti warna oranye. Dalam periode tertentu kulit pohon tersebut akan mengelupas dengan sendirinya, guna untuk mempertahankan warna kuning yang dimilikinya.

Proses pembungaan dan pembuahan yang dilakukan oleh pohon ini selalu terjadi sepanjang tahun. Namun, kedua siklus tersebut akan memuncak pada awal bulan Juli hingga pada bulan Desember, sehingga apabila pada bulan-bulan tersebut produksi buahnya begitu melimpah. Kedua siklus alam tersebut juga diperankan oleh tawon ara, dari spesies Ceratosolen Arabicus. Hasil produksi buahnya dapat dimakan (tidak beracun), tapi buah tersebut mempunyai cita rasa yang hambar.

Dikarenakan pohon ara dari spesies Ficus Sycomorus ini memiliki banyak cabang yang tersebar luas, sehingga dikategorikan sebagai pohon rindang, maka pohon ini sering dijadikan sebagai tanaman hias dengan sifat yang meneduhkan. Manfaat lain yang didapatkan dari pohon ini adalah, kayunya sering dijadikan sebagai peti mati oleh masyarakat Mesir. Di samping itu, kayu tersebut juga bisa dijadikan sebagai bahan instruktur lain, bagi yang tidak mementingkan daya tahan, seperti hiasan/ukiran kayu, asbak, gantungan kunci, vas bunga dan semacamnya. Namun tetap harus diingat, bahwa kayu dari batang pohon tanaman ara ini memiliki kandungan getah berlebih, sehingga harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum menggunakannya dalam berbagai hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *