Mengenal Lebih Jauh Pohon Ficus Platypoda

Pohon Ficus Platypoda

Pohon Ficus Platypoda

Ficus Platypoda – Ficus ini merupakan pohon ara gurun yang hidup secara endemic di benua Australia. Spesies ini merupakan tanaman ara yang kerap tumbuh pada wilayah singkapan bebatuan, sehingga kadang kala akarnya yang kuat dapat memecahkan bebatuan tersebut. Walaupun hidup di wilayah gurun dengan media tumbuh area bebatuan, namun siklus dari pertumbuhannya mampu berkembang menjadi pohon yang rindang, subur.

Daun Ficus Platypoda

Daun Ficus Platypoda

Daun Ficus Platypoda

Pohon ara gurun dari spesies ini dapat memiliki ukuran tinggi maksimal mencapai 10 meter. Pohon ini dimasukkan dalam urutan kategori semak ara berdasarkan ukuran tingginya. Sementara batang pohon yang dimilikinya berwarna coklat tua dan memiliki tekstur yang kasar. Pohon ini memiliki cabang-cabang pohon yang ditutupi oleh rambut halus berwarna putih transparan. Cabang-cabang pohon tersebut ditumbuhi oleh susunan dedaunan berbentuk elips, dengan ukuran tinggi sekitar 17 cm dan lebar sekitar 13 cm. Daun berukuran panjang dan lebar tersebut memiliki bulu halus pada permukaan bagian bawah.

Buah Ficus Platypoda

Buah Ficus Platypoda

Buah Ficus Platypoda

Pohon Ficus Platypoda menghasilkan produksi buah ara yang didapat dari proses penyerbukan spesies lebah ara tertentu. Buah-buah tersebut memiliki bentuk yang bervariatif, ada yang bulat dan juga lonjong. Awal mulanya, produksi buah tersebut berwarna kuning dan akan berubah warna dengan sendiri setelah mengalami siklus pematangan (dari warna kuning – oranye – merah muda – merah – merah keunguan). Di saat memiliki warna merah keunguan, menandakan bahwa buah tersebut dalam kondisi yang matang sekali sebelum berjatuhan ke tanah.

Semut menyukai buah Ficus Platypoda

Semut menyukai buah Ficus Platypoda

Buah Ficus Platypoda aman untuk dikonsumsi. Selain memiliki rasa yang enak, buah ara yang satu ini memiliki tekstur yang begitu lembut ketika matang. Tak hanya orang-orang yang sebagai pejalan kaki saja yang sering memakannya secara langsung. Beberapa spesies burung juga begitu menyukainya.

Bonsai Ficus Platypoda

Bonsai Ficus Platypoda

Pohon Ficus Platypoda ini juga sering digunakan sebagai bonsai. Spesies pohon ini memiliki kecenderungan dalam proses pembentukan batang dasar yang lebar. Selain itu, dedaunannya pun bisa tumbuh menjadi ukuran kecil, bahkan mungil, sehingga hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta bonsai. Keberadaannya sebagai bonsai telah dipamerkan di berbagai acara, salah satunya dalam acara Pameran Tahunan ke-5 Tanaman Asli Benua Australia Untuk Bonsai, yang diadakan di Canberra pada Bulan November 2007 lalu. Oleh karena itu, wajar ketika dijadikan sebagai bonsai harga jualnya menjadi tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *