Mengenal Lebih Dekat Ficus Abutilifolia

Ficus Abutilifolia – Nama umum atau nama lain dari spesies dara yang satu ini adalah

Pohon Ficus abutilifolia

Pohon Ficus abutilifolia

Tanaman Batu Besar Berdaun. Sebab, spesies dari tanaman ara yang satu ini suka sekali tumbuh dan hidup di area bebatuan maupun di area tebing. Keberadaan tanaman ini hanya bisa ditemukan di benua Afrika, khususnya Afrika bagian Utara dan Afrika bagian Barat. Uniknya, berbeda populasi tempat tinggal, membuat Ficus Abutilifolia memiliki bentuk morfologis yang berbeda, meskipun mereka adalah spesies yang sama. Hal ini disebabkan karena antara spesies Ficus Abutilifolia di Afria Barat dan spesies Ficus Abutilifolia yang ada di Afrika Utara mengalami proses penyerbukan yang dilakukan oleh jenis/spesies lebah ara yang berbeda, sehingga perbedaan yang mencolok diantara keduanya adalah produksi hasil buah yang dimiliki. Selebihnya, baik daun, bunga, batang pohon hingga akarnya memiliki kesamaan, bahkan sama persis.

Daun Ficus Abutilifolia

Daun Ficus abutilifolia

Daun Ficus abutilifolia

Pohon dari Ficus Abutilifolia ini merupakan jenis pohon yang tinggi besar, karena dapat tumbuh maksimal hingga puluhan bahkan ratusan meter. Nama ‘Abulition’ dipilih sebagai nama latinnya, karena pohon ini memiliki daun yang lebar dan besar. Batang pohonnya berwarna abu gelap dan memiliki tekstur batang pohon dengan permukaan yang cukup halus.

Buah Ficus Abutilifolia

Buah Ficus abutilifolia

Buah Ficus abutilifolia

Sementara untuk bentuk buahnya berbeda, karena untuk Ficus Abutilifolia yang tumbuh di wilayah utara bentuknya lonjong membulat, sedangkan pohon yang tumbuh di wilayah bagian utara memiliki bentuk lonjong memanjang. Buah berwarna hijau kekuningan, kemudian akan berubah menjadi kemerahan ketika matang. Walaupun buah-buah tersebut begitu menarik perhatian dan terlihat lezat, namun tidak bisa dimakan karena di dalamnya terdapat kandungan getah berlebih yang kemungkinan besar mengandung racun.

Populasi dari Ficus Abutilifolia ini kemungkinan tidak dijumpai di Indonesia, sehingga kita hanya bisa mengetahui banyak informasi tentang pohon ini dari buku bacaan ataupun dari internet. Bagi yang hendak mengetahui dan melihat pohon Ficus Abutilifolia ini secara langsung, maka harus datang untuk mengunjungi habitat aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *