Mengenal Ciri Tanaman Ficus Bojeri

Pohon Ficus Bojeri

Tanaman Ficus Bojeri

Ficus Bojeri – Ficus ini termasuk dalam keluarga jenis tanaman Moracea yang hidup secara endemik di tempat-tempat beriklim tropis. Hanya saja, tanaman Ficus Bojeri ini dikategorikan sebagai pohon kecil, tidak seperti pohon ara berkayu lain yang umumnya bisa tumbuh tinggi hingga puluhan meter.

Daun Ficus Bojeri

Daun Ficus Bojeri

Daun Bawah Ficus Bojeri

Daun Bawah Ficus Bojeri

Ficus ini memiliki batang pohon dan cabang berukuran kecil. Batang dan cabang pohon tersebut berwarna coklat keabuan yang terlihat begitu kontras dengan adanya daun berwarna hijau dengan bentuk oval. Kemudian, untuk produksi buahnya sendiri terlihat tergantung pada batang pohon dan cabang-cabang pohon yang dimilikinya. Hasil pembuahan bunganya biasanya dilakukan oleh lebah-lebah kecil saja yang dapat melakukan penyerbukan di dalamnya.

Buah Ficus Bojeri

Buah Ficus Bojeri

Dari proses penyerbukan tersebut, tentu juga akan menghasilkan buah ara dengan ukuran kecil. Segala yang ada pada tanaman Ficus Bojeri serba berukuran kecil, sehingga wajar jika spesies ini digolongkan sebagai tanaman ara jenis semak. Dikarenakan ukurannya yang kecil, buah dan daunnya hanya dimakan oleh serangga. Dan, sejauh ini belum ada penelitian yang menyatakan jika daun maupun bagian buahnya aman untuk dimakan oleh manusia.

Apabila Anda menjumpai tanaman dengan karakteristik demikian, bisa jadi itu adalah tamanan semak ara dari spesies Ficus Bojeri. Namun Anda haruslah tetap berhati-hati, walaupun punya ukuran yang serba mini, tapi di dalam batang hingga cabang pohonnya terdapat kandungan getah yang mampu mengiritasi kulit manusia, hingga terlihat melepuh seperti tersulut api. Bukan hanya itu saja, saat getah tersebut sudah menempel mengiritasi kulit, maka akan terasa perih.
Disebabkan karena memiliki ukuran yang kecil, mulai dari batang pohon hingga buahnya, maka bukan menjadi suatu hal yang mengherankan apabila masyarakat lokal menyebutnya sebagai tanaman / pohon beri-berian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *