Mengenal Ciri Pohon Ficus Subpuberula

Ficus Subpuberula – Ficus ini merupakan jenis tanaman yang hidup secara endemik di benua Australia yang hidup di bebatuan. Endemik adalah pohon asli yang hanya bisa ditemukan di geografis wilayah tertentu namun ditemukan di wilayah lain.

Holotype Ficus Subpuberula

Holotype Ficus Subpuberula

Ukuran maksimal dari pohon ini dapat tumbuh tinggi hingga 13 meter/43 kaki. Pohon ara dari spesies ini memiliki bentuk daun memanjang dengan ukuran lebar sekitar 11 – 68 mm dan memiliki ukuran panjang yang berkisar dari 27 mm hingga 143 mm. Ficus Subpuberula ini hanya bisa melakukan proses penyerbukan dengan bantuan lebah ara. Spesies lebah ara akan melakukan penyerbukan pada bagian bunganya yang sekaligus dijadikan sebagai tempatnya untuk berkembang biak.

Holotype Daun Ficus Subpuberula

Holotype Daun Ficus Subpuberula

Buah yang dihasilkan memiliki tahapan warna dari hijau, kuning, oranye lalu merah. Merah ditandai sebagai warna bahwa buah tersebut telah mencapai kematangan sempurna. Namun sayangnya buah tersebut tidak bisa dimakan. Biji buah yang berserakan ke tanah akan menjadi tanaman baru.

Selain buahnya yang tidak bisa dimakan, bagian daunnya pun tak bisa dikonsumsi oleh manusia bahkan untuk hewan peliharaan. Sebab di dalam daun tersebut terdapat kandungan zat berbahaya yang dapat menyebabkan kelainan serius di bagian saraf otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *