Mengenal Ciri Pohon Ficus Nervosa

Ficus Nervosa – Pohon Ficus ini dapat tumbuh maksimal dengan ukuran tinggi mencapai 25 meter. Walaupun dikategorikan sebagai pohon yang besar dan menjulang tinggi, namun pohon ini tak memiliki akar gantung atau akar udara. Batang pohonnya memiliki tekstur halus dengan warna yang gelap.

Daun Ficus Nervosa

Daun Ficus Nervosa

Daun Ficus Nervosa

Daun Ficus Nervosa memiliki bentuk bulat lonjong yang khas, karena daunnya menyempit dan membulat di bagian pangkal.

Buah Ficus Nervosa

Buah Ficus Nervosa

Buah Ficus Nervosa

Tak seperti jenis pohon lainnya yang dapat berbunga dan berbunga setiap saat, karena pohon Ficus dari spesies Nervosa ini memiliki siklusnya sendiri. Pasalnya mereka hanya akan berbunga dan akan menghasilkan buah pada pertengahan bulan November hingga akhir bulan Maret saja. Oleh karena itu, produksi buahnya akan sulit ditemukan pada bulan April hingga Oktober, karena setelah mengalami proses penyerbukan, buah akan muncul dan matang, sehingga lama-kelamaan akan busuk serta mengering, lalu akan jatuh dengan sendirinya berserakan di tanah.

Buah yang dihasilkan oleh pohon Ficus Nervosa ini sering dimakan oleh para spesies burung dan juga mamalia. Ketika berjatuhan di tanah, buah tersebut akan dimakan oleh para serangga. Namun, buah tersebut tidak direkomendasikan untuk dimakan manusia, karena rasanya pun tak lazim seperti buah pada umumnya.

Sebenarnya, penyebaran dari Ficus Nervosa ini juga banyak dijumpai di negara kita, tapi hanya para ahli atau para bakar tumbuhan saja yang bisa mengenali pohon spesies Ficus Nervosa ini dengan mudah. Pasalnya, masyarakat sekitar yang kebanyakan adalah orang awam hanya menganggapnya sebagai pohon atau tanaman liar saja. Padahal pemanfaatan lain dari pohon ini juga dapat dijadikan sebagai bonsai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *