Mengenal Ciri Pohon Ficus Citrifolia

Pohon Ficus Citrifolia

Pohon Ficus Citrifolia

Ficus Citrifolia – Tanaman ara yang berasal dari spesies ini, banyak tumbuh liar dia area hutan yang lembab, sehingga keberadaanya lebih banyak dijumpai di kawasan hutan dekat pantai dan sungai. Sementara penyebaran habitat dari pertumbuhan spesies ini berada di beberapa negara, seperti Amerika Selatan, Amerika Tengah, Karibia, Florida dan Paraguay.

Pohon Ficus Citrifolia termasuk ara pencekik yang hidup secara epifit dengan cara mencekik pohon yang dijadikan sebagai saingannya. hal itu dilakukan untuk mengurangi persaingan sumber daya makanan dan matahari. Sifatnya sebagai pencekik ara dilakukan pada masa pertumbuhannya, dimana di masa tersebut Ficus Citrifolia adalah tanaman yang membutuhkan sumber energi dan makanan dalam jumlah banyak. Jenis pohon yang biasanya akan dibunuh oleh tanaman ini, diantaranya adalah pohon ek, pohon telapak tangan dan pohon cemara gundul. Namun, pada saat tumbuh dewasa sifatnya sebagai pencekik ara mulai ditinggalkan, karena ia akan berubah menjadi tanaman dewasa yang hidup secara individu dan mencari makan dengan cara mandiri, karena tidak lagi membunuh pohon lain guna untuk memenuhi kebutuhannya.

Pohon ini mampu tumbuh tinggi hingga 15 meter/50 kaki. Batang pohon dari tanaman ini berwarna abu terang yang dipenuhi oleh akar gantung/akar udara yang tumbuh menjuntai ke bagian bawah. Apabila dipotong, batang pohon tersebut memiliki getah warna putih yang begitu kental seperti susu.

Daun Ficus Citrifolia

Daun Ficus Citrifolia

Daun Ficus Citrifolia

Daun Ficus Citrifolia yang memenuhi cabang dan ranting pohon tersebut berwarna hijau gelap dengan bentuk oval yang meruncing di bagian ujung. Dalam dunia pengobatan, pemanfaatan yang paling penting digunakan adalah daunnya. Sebab daun dari pohon Ficus Citrifolia ini banyak dijadikan sebagai salah satu pengobatan kemoterapi untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Buah Ficus Citrifolia

Buah Ficus Citrifolia

Buah Ficus Citrifolia

Pohon ara yang satu ini juga memiliki bunga, bunganya berukuran kecil dengan bentuk kuncup tertutup. Ketika mekar dan terbuka, bunga tersebut sudah memiliki bakal buah, yang artinya sudah terjadi proses penyerbukan spesies lebah ara di dalamnya.

Daging Buah Ficus Citrifolia

Daging Buah Ficus Citrifolia

Buah Ficus Citrifolia berwarna hijau kekuningan dan ketika matang warnanya berubah menjadi merah gelap seperti warna merah pada darah manusia. Buahnya punya rasa yang begitu manis dan tetap bisa dimakan dalam kondisi mentah. Dikarenakan memiliki rasa yang enak, para binatang penghuni hutan menjadikannya sebagai salah satu sumber makanan yang paling banyak dicari untuk dimakan. Biasanya jenis hewan yang sering memakan buahnya adalah para burung, monyet, owa hingga serangga.
Secara otomatis, penyebaran dari pertumbuhan pohon ini dilakukan oleh para hewan yang memakan bagian buahnya, karena dari kotoran mereka terdapat kandungan biji dari buah ara Ficus Citrifolia yang akan tumbuh menjadi tanaman muda. Sedangkan d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *