Mengenal Ciri Ficus Pumila

 

Tanaman Ficus Pumila

Tanaman Ficus Pumila

Ficus Pumila – Spesies tanaman ini merupakan jenis tanaman ficus berbunga yang berasal dari negara Asia, seperti Jepang, China dan Vietnam. Selain itu, spesies ini juga ditemukan di benua Amerika. Tak hanya tumbuh liar di hutan yang lembab dan pinggiran sungai, tanaman ini juga kerap kali dijadikan sebagai tanaman hias. Nama lain dari tanaman ini adalah cemara anggur, karena ia adalah tumbuhan merayap/merambat, yang terbiasa tumbuh menjalar dengan merambat di pohon, bebatuan maupun di dinding.

Daun Ficus Pumila

Daun Ficus Pumila

Daun Ficus Pumila

Tanaman yang memiliki daun dengan ukuran yang sangat kecil. Bukan hanya itu saja, karena daun tersebut juga lebih tipis dibandingkan spesies lainnya.

Buah Ficus Pumila

Buah Ficus Pumila

Buah Ficus Pumila

Daging Buah Ficus Pumila

Daging Buah Ficus Pumila

Dalam proses penyerbukan bunganya dilakukan oleh lebah jenis tabuhan dari spesies Blastopghaga Pumilea. Dari hasil penyerbukan tersebut menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Buah ficus ini miliki rasa yang enak dan tidak punya sifat maupun zat beracun. Tak hanya dimakan secara langsung, buah ara dari tanaman Ficus Pumila ini diolah menjadi berbagai bahan makanan, salah satunya dengan cara dikeringkan.

Aiyu Jelly

Aiyu Jelly

Ternyata bukan hanya daging buahnya saja yang diolah dan dikonsumsi, biji buahnya pun demikian. Sebab, biji buahnya diolah dengan cara dikukus dan diberikan gel ekstrasi, sehingga menjadi olahan jelly yang dikenal dengan nama Aiyu Jelly. Semua itu biasa dilakukan oleh masyarakat dari negara Taiwan. Di Singapura biji dari buah ara yang satu ini diolah menjadi es jeli yang enak.

Tanaman Rambat Ficus Pumila

Tanaman Rambat Ficus Pumila

Tanaman ficus ini cocok dijadikan sebagai tanaman hias rambat untuk menghiasi halaman rumah, restoran, apartemen dan tempat usaha lainnya. Membudidayakan spesies ara ini sebagai tanaman hias sebenarnya mudah, hanya saja penuh kesabaran ekstra untuk itu karena ara jenis ini memiliki siklus pertumbuhan yang cenderung lambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *