Mengenal Ciri-ciri Pohon Salju Dari Ficus Montana

Ficus Montana – Nama lain dari ficus ini adalah Oakleaf Fig, yang mana banyak tersebar pada kawasan pendakian subtropis. Tanaman ara jenis ini dikategorikan sebagai pohon/tanaman merayap, karena memang pertumbuhannya menjalar dengan cara merambat.

Pohon Ficus Montana

Tanaman Ficus Montana

Tanaman Oakleaf Fig ini memiliki ukuran daun yang kecil. Ukuran daun hanya sekitar 1,5 inchi. Daun tersebut memiliki bentuk seperti daun ek.

Ficus Montana memiliki siklus pertumbuhan yang cenderung lebih lambat ketimbang spesies tanaman ara lainnya.
Tanaman ini termasuk dalam jenis Snowflake, yang mana sebagian besar daunnya berwarna putih sehingga terlihat seperti tanaman salju yang begitu mempesona. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan produksi buah, namun ketika dijadikan sebagai tanaman hias biasanya tidak dibiarkan untuk berbuah karena yang hendak dijadikan sebagai daya pikat utamanya adalah bagian daunnya.

Buah Ficus Montana

Buah Ficus Montana

Walaupun habitat aslinya berada di kawasan pegunungan, tapi keberadaan dari Ficus Montana ini sering dijadikan sebagai tanaman hias yang ditanam di halaman rumah, taman kantor hingga pada sekitar pusat-pusat perbelanjaan. Tentu saja yang menjadi alasannya ialah, karena tanaman ini memiliki bentuk yang indah dan unik, sehingga terlihat begitu menarik ketika dipandang mata.

Belum diketahui secara pasti apakah tanaman spesies Ficus Montana ini bisa hidup di negara beriklim tropis seperti di Indonesia. Selain itu, belum diketahui pula seperti apa cara perawatan dan cara membudidayakannya, mengingat bahwa tanaman ini memiliki siklus pertumbuhan yang lambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *