Mengenal Ciri-Ciri Pohon Ficus Maxima

Pohon Ficus Maxima

Pohon Ficus Maxima

Ficus Maxima – Pohon ara dari spesies Maxima ini tersebar luas di seluruh benua Amerika, khususnya di beberapa negara, seperti Meksiko, Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dalam skala internasional, tanaman ini memiliki nama atau julukan sebagai pohon Maxima, sesuai dengan nama latin spesiesnya. Disebabkan keberadaannya sangat berguna untuk mamalia dan burung, yang sekaligus juga dimanfaatkan untuk membuat obat-obatan herbal, maka pada tahun 2005 tanaman Ficus Maxima ini mulai dibudidayakan dan dilestarikan sampai saat ini.

Akar Pohon Ficus Maxima

Akar Pohon Ficus Maxima

Tanaman ara yang satu ini merupakan pohon individu yang dapat tumbuh maksimal, hingga mencapai ketinggian sekitar 30 meter. Sama persis dengan tanaman ara lainnya, karena Ficus Maxima ini proses penyerbukan bunganya hanya dilakukan oleh tawon ara, yakni dari spesies Tentrapus Americanus.

Daun Ficus Maxima

Bentuk Daun Ficus Maxima

Daun Ficus Maxima

Daun dan juga buah dari Ficus Maxima ini merupakan sumber makanan penting bagi berbagai jenis burung serta mamalia yang ada di sekitar hutan Amerika. Untuk kegunaan lain, daun sekaligus bunga tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai obat-obat herbal yang dipercaya akan khasiatnya. Ficus Maxima memiliki bentuk daun lonjong dan berukuran panjang.

Buah Ficus Maxima

Buah Ficus Maxima

Buah Ficus Maxima

Daging Buah Ficus Maxima

Daging Buah Ficus Maxima

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh pohon maxima adalah pada setiap pohon terdapat bunga jantan dan bunga betina yang begitu fungsional, sehingga pohon ini lebih cepat menghasilkan buah. Sementara buahnya sendiri, adalah buah jenis ara bentuk bulat berdiameter 1 – 2cm. Menurut referensi yang kami dapat, buah ini aman dikonsumsi. Namun rasa dari buah tersebut tidak lazim seperti buah pada umumnya, sehingga tidak dijamin Anda akan menyukainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *