Mengenal Ciri-ciri Pohon Ficus Amplissima

Tanaman Ficus Amplissima

Pohon Ficus Amplissima

Ficus Amplissima – Ada yang pernah tahu tanaman ficus yang satu ini? Mungkin, kebanyakan orang sudah banyak yang melihatnya, tapi tidak mengetahui bahwa tanaman tersebut merupakan jenis ficus dengan nama latin Ficus Amplissima. Apabila dilihat dari jenisnya, tanaman ini termasuk dalam keluarga pohon cemara, karena pohon ini bisa tumbuh besar dengan luas sekitar 10 meter dan tinggi sekitar 25 cm. Sementara, kondisi akar dari pohon ini pada umumnya terdapat penyebaran akar udara yang melilit pada bagian atas pohon, sehingga hampir mirip dengan pohon beringin besar, tapi bedanya pohon beringin punya penyebaran akar udara yang menjuntai ke bawah. Ficus amplissima ini juga banyak ditemukan di Indonesia, tapi sayangnya pohon ficus yang satu ini hanya dikenal dari nama latinnya saja.

Akar Udara Ficus Amplissima

Akar Udara Ficus Amplissima

Mengapa demikian? Mungkin orang awam hanya mengelompokkannya sebagai salah satu jenis dari pohon cemara atau pohon beringin saja, sehingga mereka juga tak punya sebutan maupun nama yang spesifik untuk pohon ara yang satu ini.

Bentuk Daun Ficus Amplissima

Ciri lain yang bisa diketahui dari tanaman ini adalah bentuk daunnya yang lebar dan bulat, dengan ujung daun yang tumpul. Pohon ficus yang satu ini pun juga memiliki buah, yang disebut dengan buah ara. Ketika muda, buah ara berwarna hijau dan ketika sudah beranjak matang, warnanya berubah menjadi halus. Walaupun terlihat lezat, namun buah yang dihasilkan oleh pohon ficus ini tidak dapat dikonsumsi oleh manusia, sehingga tak heran jika ada banyak buah yang jatuh berserakan di sekitar pohon tersebut.

Bentuk Daun Ficus Amplissima

Daun Ficus Amplissima

Kemudian, untuk ciri khas kulit batang dari pohon ficus Amplissima ini, identik dengan warna abu kehijauan berpantul kuning api. Batang pohonnya pun memiliki tekstur halus dan tidak berduri. Dalam satu batang dan cabang pohonnya saja, terdapat banyak sekali daun yang melekat, apalagi ukuran dari pohon ini terbilang besar, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlindung dari terik matahari yang panas.

Buah Ficus Amplissima

Ada hal menarik dari pohon ini yang tak boleh Anda lewatkan, untuk diketahui. Pasalnya pohon ficus jenis ini memiliki siklus pembungaan dan pembuahannya dalam kurun waktu tertentu. Pada awal tahun, tepatnya pada bulan Januari hingga bulan Februari, pohon ini akan mengalami siklus perguguran daun. Sedangkan, untuk siklus pembungaan terjadi sekitar akhir bulan November sampai pada bulan Januari. Setelah itu, pada bulan-bulan berikutnya akan terjadi siklus pembuahan.

Buah Ficus Amplissima

Buah Ficus Amplissima

Daging Buah Ficus Amplissima

Daging Buah Ficus Amplissima

Bagi Anda yang pernah melihat pohon dengan ciri-ciri tersebut, kemungkinan besar itu adalah pohon Ficus Amplissima. Disini admin belum menemukan nama/sebutan Ficus Amplissima di Indonesia. Apabila anda megaetahui nama vesri Indonesianya silahkan beritahu kami lewat komentar. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *