Mengagumi Keindahan Ficus Lyrata/Pohon Biola Cantik

Pohon Ficus Lyrata Pohon Biola Cantik

Pohon Ficus Lyrata/Pohon Biola Cantik

Ficus Lyrata – Di Indonesia pohon ini lebih dikenal dengan pohon Ketapang Biola Cantik atau Pohon Ara Biola, yang juga masih termasuk dalam keluarga pohon keluarga Moraceae. Habitat asli dari tanaman ini adalah di Afrika Barat, namun karena ia sangat suka sekali tumbuh di dataran rendah beriklim tropis, maka keberadaannya juga banyak ditemukan di negara kita. Ficus ini sering kita jumpai di pinggir jalan raya, karena biasanya sengaja ditanam sebagai peneduh dan penghijauan.

Pohon Biola Cantik ini mampu tumbuh dengan ukuran tinggi yang mencapai 15 meter atau sekitar 50 kaki. Batang pohon dari Ficus Lyrata ini berwarna abu gelap dengan tekstur kulit pohon yang agak kasar. Bentuk daunnya sendiri mirip dengan kecapi atau menyerupai biola, sehingga tanaman ini lebih dikenal sebagai Pohon Daun Biola. Daun tersebut tumbuh dengan warna hijau dan memiliki tekstur yang kasar.

Daun Ficus Lyrata/Pohon Biola Cantik

Daun Ficus Lyrata Pohon Biola Cantik

Daun Ficus Lyrata Pohon Biola Cantik

Sebenarnya tanaman ini sering dijadikan tanaman hias. Tanaman ini sering ditanam sebagai tanaman indoor yang ditanam pada pot untuk tanaman yang berukuran tidak terlalu besar. Dikarenakan memiliki bentuk daun yang cantik dan unik. Daunnya memiliki ukuran yang lebar dan menyerupai biola. Bentuk dan ukurannya bervariasi tetapi kebanyakan lebar mencapai 15 – 30 cm dan panjangnya 25 – 45 cm. Warna daunnnya hijau tua pekat dengan tekstur kasar, vena menonjol dan bergelombang.

Pohon Ficus Lyrata Biola Cantik Dalam Pot

Pohon Ficus Lyrata Biola Cantik Dalam Pot

Buah Ficus Lyrata/Pohon Biola Cantik

Buah Ficus Lyrata Pohon Biola Cantik

Buah Ficus Lyrata Pohon Biola Cantik

Daging Buah Ficus Lyrata Pohon Biola Cantik

Daging Buah Ficus Lyrata Pohon Biola Cantik

Pohon Biola Cantik mengalami siklus pembuahan dengan bantuan spesies lebah ara, dimana mereka akan melakukan penyerbukan pada buah ara. Buah ara yang dihasilkan berwarna hijau, ketika matang buah tersebut akan berubah warna menjadi sedikit kekuningan. Baik daun hingga buahnya tidak dapat dikonsumsi dikarenakan di dalam bagian buah hingga daunnya mengandung banyak getah yang beracun. Sementara bagian buahnya sebenarnya bisa dikategorikan sebagai buah palsu, karena di dalamnya terdapat biji subur yang dijadikan sebagai penyebaran tanaman baru dari spesies ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *