Melihat Ciri-Ciri Ficus Americana

Ficus Americana – Ficus ini juga dikenal sebagai Pohon Ceri Jamaika. Habitat penyebarannya banyak di temukan di Brazin, Florida, Amerika Serikat, Meksiko dan Karibia. Sebagai orang awam, pasti akan langsung tahu habitat asli dari spesies Ficus Americana, yang tentu saja berasal dari benua Amerika.

Pohon Ficus Americana

Pohon Ficus Americana

Secara umum tanaman ara dari genus Ficus dikelompokkan dalam beberapa jenis, diantaranya adalah pohon ara, semak ara, jalar ara / pohon rambat hingga ara dengan sifat pencekik. Keberadaan dari Ficus Americana adalah jenis semak ara dengan ukuran tinggi maksimal mencapai 30 meter (100 kaki) yang juga memiliki sifat sebagai pencekik. Dimana ia sengaja menacapkan kuat-kuat cabang akarnya yang luas di dekat akar milik pohon lain untuk menyerap nutrisinya, sehingga tak heran jika pohon ini bersifat membunuh pohon yang dijadikan sebagai tuan rumah. Meskipun bersifat merugikan tanaman lain sewaktu muda, tapi setelah tumbuh dewasa Ficus Americana akan hidup secara individu dan tak lagi menjalankan perannya sebagai ara pencekik.

Daun Ficus Americana

Daun Ficus Americana

Daun Ficus Americana

Pohon ini bisa tumbuh rindang karena memiliki banyak cabang yang dipenuhi dengan daun. Bagian daunnya berbentuk bulat telur dengan ukuran yang lumayan besar dan memiliki warna hijau pekat. Untuk batang pohonnya sendiri berwarna abu gelap dengan kulit pohon bertekstur kasar. Seperti tanaman ara pada umumnya, bunga yang ada pada tanaman ini hanya bisa diakses dan diserbuki oleh spesies lebah ara saja.

Buah Ficus Americana

Buah Ficus Americana

Buah Ficus Americana

Daging Buah Ficus Americana

Daging Buah Ficus Americana

Dari proses penyerbukan yang bersifat khusus tersebut, menghasilkan produksi buah ara dengan bentuk bulat agak lonjong berwarna hijau. Kemudian ketika matang dan sebelum terjatuh dari atas pohon, buah tersebut berwarna ungu kemerahan. Buah tersebut memang sengaja dibiarkan berjatuhan karena memang tidak dapat dikonsumsi akibat kandungan racun yang ada di dalam daging buahnya. Buah ara yang terus-menerus berjatuhan ke tanah akan membusuk dan mengering. Kemudian akan meninggalkan bagian biji buah yang nantinya akan tumbuh sebagai spesies Ficus Americana muda.

Bonsai Ficus Americana

Bonsai Ficus Americana

Ficus Americana sangat layak dijadikan tanaman bonsai yang memiliki nilai seni yang tinggi. Bentuk batang, daun dan buah ficus ini masuk dalam kriteria-kriteria yang cocok untuk dijadikan bonsai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *