Langkah-langkah Cara Merawat Bonsai dari Bakalan

Perawatan Bakalan Bonsai

Setelah kita membaca cara menanam bakalan bonsai, selanjutnya pada artikel ini akan dibahas bagaimana langkah-langkah cara merawat bonsai dari bakalan. Perawatan ini dilakukan agar tanaman bisa tumbuh sehat dan agar memiliki style yang diinginkan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Penyiraman

Penyiraman dilakukan secara teratur minimal sehari sekali namun jangan berlebihan. Penyiraman bisa dilakukan pagi dan sore hari.

2. Pemupukan

Untuk pemupukan daun bisa menggunakan, misalnya Gandasil dengan takaran normal 10-30 gram dilarutkan dalam 10 liter air. Bisa juga menggunakan Hiponex dengan takaran normal setengah sendok teh dilarutkan dalam 1 liter air. Penyemprotan daun dilakukan pada pagi dan sore hari.

3. Pembasmian Hama (bila perlu)

Untuk membasmi hama seperti semut atau uret yang sering memakan akar, berikan saja insektisida tabur Curater dengan takaran setengah sendok makan ditaburkan di dasar tanaman, Gunakan Furadan untuk membasmi nematoda yang mengganggu akar.

4. Pemangkasan Akar

Setelah tanaman tumbuh sehat kira-kira 4-6 bulan lakukanlah pemangkasan akar. Tanaman digali dan dipangkas akarnya dengan hati-hati dan cermat. Pemangkasan ini dilakukan berulang-ulang dengan jangka waktu yang sama sampai ukuran akar tanaman sesuai dengan pot bonsai yang dikehendaki.

5. Pembentukan

Tanaman bonsai yang sudah tumbuh sehat mulai di-training atau dibentuk dengan teknik dan gaya bonsai yang diinginkan.

Cara merawat bonsai dari bakalan tersebut seperti penyiraman dan pemupukan dilakukan rutin agar tanaman sehat dan tumbuh menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *