Klasifikasi Pohon Ficus Daimingshanensis Asal China

Ficus Daimingshanensis – Di negara-negara tropis seperti di Indonesia, banyak sekali ditemukan pohon dari genus ficus. Namun, pohon atau tanaman ficus memiliki ciri khasnya masing-masing, walaupun ada beberapa hal yang mengalami kemiripan dengan jenis atau spesies tanaman yang lain. Di China, khususnya pada wilayah Provinsi Hunan dan Guangxi, ditemukan spesies pohon ficus atau tanaman ara yang dikenal dengan nama latin Ficus Daimingshanensis. Dari namanya saja rasanya sulit sekali untuk dibaca, apalagi sampai diingat atau harus menghafalkannya.

Kendati, pohon ficus spesies yang satu ini asli dari negara China, tapi bukan berarti keberadaannya tak dapat dijumpai di Indonesia. Walaupun jumlah yang tersebar tidak banyak seperti di tempat aslinya, tapi pohon Ara dari Ficus Daimingshanensis juga ada di Indonesia. Hanya saja, keberadaannya belum diketahui secara umum, karena sering dianggap sebagai pohon / tumbuhan liar tak bernama.

Buah dan Daun Ficus Daimingshanensis

Ilustrasi Daun Buah Ficus Daimingshanensis

Ilustrasi Daun Buah Ficus Daimingshanensis

Sebelumnya mohon maaf, sementara karena Admin belum menemukan foto pohon, daun atau buah dari Ficus Daimingshanensis.

Ficus China ini tidak begitu populer. Alasannya, karena tanaman ini tidak bisa dimanfaatkan sebagai apapun, kecuali kayu dan cabang pohonnya yang bisa dijadikan sebagai kayu bakar (dalam skala kecil). Selebihnya nihil, karena daunnya saja tidak bisa dibuat pakan ternak dan buahnya pun beracun, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Di dalam getah buahnya terdapat kandungan racun, yang kemungkinan besar dapat menginfeksi manusia maupun binatang yang memakan buah tersebut.

Sebagai antisipasi, Anda pun wajib tahu klasifikasi dari pohon Ficus Daimingshanensis ini. Pohon ini digolongkan dalam keluarga semak, karena hanya bisa tumbuh tinggi maksimal hingga ukuran 2 meter saja. Daun dari tumbuhan jenis ficus yang satu ini berbentuk bulat telur dengan panjang sekitar 22 cm. Dari ketiak daun tersebut terdapat bunga berwarna merah yang nantinya akan berbuah menjadi ara merah dengan ukuran 1 – 1,5 cm.

Jika dibandingkan dengan jenis tanaman / pohon ficus lainnya, yang kebanyakan merupakan pohon yang dapat tumbuh tinggi dan besar. Jenis Ficus Daimingshanensis ini berbeda, karena dikategorikan sebagai tanaman semak. Apabila Anda menemukan tanaman semak dengan ciri-ciri atau klasifikasi yang mirip dengan yang telah diuraikan di sini, maka kemungkinan besar itu adalah tanaman ficus China.

Disini admin belum menemukan nama dalam bahasa Indonesia Ficus Daimingshanensis. Apabila sahabat ada yang mengetahui penamaan Indonesianya mohon beritahu kami melalui kolom komentar ya J.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *