Klasifikasi Ficus Fraseri / Pohon Amplas Putih

Tanaman Ficus Fraseri Amplas Putih

Tanaman Ficus Fraseri/Amplas Putih

Ficus Fraseri – Ficus ini tidak jauh berbeda dengan Ficus Coronata/Ficus Amplas, karena Ficus Fraseri memiliki nama lain sebagai pohon amplas putih. Pohon ara ini merupakan satu dari beberapa spesies yang banyak ditemukan pada negara-negara seperti, Kaledonia Baru, Australia, New South Wales dan Queensland. Penyebaran dari pohon Ficus Fraseri atau pohon amplas putih ini belum diketahui apakah bisa ditemukan di benua Asia, terutama di Indonesia.

Daun Ficus Fraseri/Amplas Putih

Daun Ficus Fraseri

Daun Ficus Fraseri

Bentuk Daun Ficus Fraseri

Bentuk Daun Ficus Fraseri

Alasan kenapa Ficus Fraseri ini memiliki julukan sebagai pohon amplas putih, ternyata di balik tekstur batang pohonnya yang sangat kasar ternyata bisa memancarkan warna putih mengkilat ketika terkena sinar matahari, terutama pada bagian daunnya. Pohon yang satu ini tumbuh sebagai pohon kecil atau semak yang dapat tumbuh tinggi hingga 6 – 15 meter. Bagian daunnya melekat pada tangkai daun yang panjang. Daun tersebut berbentuk oval dan lebar, sedangkan tekstur daunnya begitu kasar.

Buah Ficus Fraseri/Amplas Putih

Buah Ficus Fraseri

Buah Ficus Fraseri

Buah Ficus Fraseri

Buah Ficus Fraseri

Spesies ini memiliki siklus pembuahan yang berlangsung pada bulan Februari hingga bulan Mei. Buah yang dihasilkan berwarna oranye kemerahan (jingga) dengan rasa yang hambar, tapi aman untuk dimakan karena tidak mengandung racun. Walaupun memiliki rasa yang hambar, buah dari pohon Ficus Fraseri ini disukai oleh beberapa mamalia, seperti owa, monyet hingga kelelawar. Di samping itu buah ara yang satu ini juga begitu digemari oleh burung dan buah-buah yang berjatuhan di tanah akan dimanfaatkan oleh para serangga sebagai makanan mereka. Manusia pun boleh mengkonsumsi buah ini, tapi karena rasanya yang hambar, dapat dipastikan bahwa kita tidak akan menyukainya.

Di habitat aslinya pohon ini sangat jarang untuk dibudidayakan, karena keberadaannya dapat tumbuh cepat hanya dengan persebaran biji buahnya saja. Biasanya penyebaran tersebut dilakukan oleh angin dan bisa juga dikarenakan disebarkan oleh beberapa binatang mamalia yang memakan buahnya.

Tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias, termasuk bonsai. Tanaman ini mudah dibudidayakan sekaligus mudah untuk dirawat. Kehadiran dari Ficus Fraseri ini bisa dijadikan alternatif yang paling tepat untuk para penyuka bonsai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *