Keunikan Ciri Pohon Ficus Pleurocarpa

Pohon Ficus Pleurocarpa

Pohon Ficus Pleurocarpa

Ficus Pleurocarpa – Buah ara yang dihasilkan pohon ficus ini menyerupai buah pisang, sehingga sebutan lain dari spesies tanaman ara ini adalah Pohon Buah Ara Pisang. Walaupun memiliki bentuk buah mirip buah pisang, namun proses kemunculan buahnya beda dengan pisang. Seperti yang kita tahu, pisang adalah buah yang tumbuh pada satu batang buah yang menghadap ke arah bawah yang keluar dari jantung pisang. Berbeda dengan buah Ficus Pleurocarpa yang tumbuh bergerombol pada satu tangkai buah dan menghadap ke atas.

Buah Ficus Pleurocarpa

Buah Ficus Pleurocarpa

Daging Buah Ficus Pleurocarpa

Daging Buah Ficus Pleurocarpa

Hasil produksi buah tersebut diserbuki oleh lebih dari satu spesies lebah ara. Buah tersebut berwarna oranye dan ketika matang / masak akan berubah warna menjadi merah terang. Buahnya dapat dimakan manusia, namun buah tersebut berusuk tipis di dalamnya.

Tanaman Ficus Pleurocarpa

Tanaman Ficus Pleurocarpa

Sebelum tumbuh dewasa hingga ketinggian 25 meter/82 kaki, pohon ini hidup sebagai tanaman hemiepiphyte. Hemiepiphyte adalah tanaman yang menghabiskan sebagian siklus hidupnya sebagai epifit. Biji Ficus Pleurocarpa berkecambah di sebuah pohon. Mereka mengirim akar ke bawah, dan akar-akar ini akhirnya melakukan kontak dengan tanah.

Daun Ficus Pleurocarpa

Daun Ficus Pleurocarpa

Batang pohon Ficus Pleurocarpa memiliki warna abu terang dengan tekstur yang halus. Daun-daun yang tumbuh lebat pada setiap cabang pohonnya berbentuk lonjong, memiliki ukuran panjang 150 – 257 mm dan memiliki ukuran lebar sekitar 49 – 100 mm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *