Kenali Tanaman Rambat Dari Spesies Ficus Mutabilis

Ficus Mutabilis – Tanaman Ficus dari merah ini banyak ditemukan di negara Kaledonia Baru. Sama halnya dengan jenis tanaman ficus spesies lainnya, Ficus Mutabilis ini juga punya hubungan kekerabatan dengan Moraceae. Akan tetapi, jenis tanaman ficus ini tidak terkenal di Indonesia, meskipun keberadaannya kemungkinan besar juga banyak ditemukan di hutan tropis negara kita, tapi masyarakat hanya menganggap sebagai salah satu dari sebagian besar tanaman atau pohon liar yang tumbuh di dalam hutan.

Ficus Mutabilis

Ficus Mutabilis

Spesies ara yang satu ini merupakan jenis tanaman rambat yang sering menjadikan pohon murbei merah sebagai tempat perambatannya. Antara tanaman Ficus Mutabilis dan pohon Murbei hidup berdampingan, karena memang sifat rambatan dari tanaman ara tersebut bukan sebagai parasit, melainkan hanya untuk mendapatkan pasokan sinar matahari yang cukup.

Daun Ficus Mutabilis

Adapun karakteristik lain dari tanaman Ficus Mutabilis bisa dilihat dari daunnya yang begitu mirip dengan bunga. Meskipun daun tersebut menyerupai bunga, tapi warnanya tetap hijau dan akan gugur apabila sudah tua karena dampak fotosintesis. Sedangkan untuk bunganya sendiri mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada daun. Namun uniknya bunga tersebut tumbuh tunggal melingkar, sehingga tidak memiliki kelopak bunga, melainkan hanya benang sari ataupun putik saja sebagai kelamin dalam setiap bunga yang berbeda. Maksudnya adalah, setiap bunga dari pohon Ficus Mutabilis ini memiliki kelamin yang berbeda-beda.

Buah Ficus Mutabilis

Beralih pada bagian buah yang dihasilkan oleh tanaman Ficus Mutabilis ini, buah tersebut berbentuk bulat dan berwarna hijau, jika matang warnanya akan berubah menjadi ungu kemerahan. Bagian buah tersebut, terdiri dari kulit luar, daging dan juga biji. Walaupun terlihat lezat, sebenarnya buah dari tanaman ini tidak dapat dikonsumsi oleh manusia, karena kemungkinan besar rasanya tidak enak dan memiliki kandungan racun.

Manfaat Ficus Mutabilis

Apakah tanaman Ficus Mutabilis ini memiliki manfaat atau kegunaan lain? Jawabannya belum diketahui, karena memang belum dilakukan penelitian khusus untuk menganalisa hal tersebut secara spesifik. Jadi, sejauh ini pohon ara yang satu ini masih dianggap sebagai sebatas tanaman liar yang tidak memiliki nama dan sebutan khusus, kecuali nama latinnya saja.

Meskipun demikian, ada beberapa orang yang beranggapan bahwa tanaman rambat yang dikenal sebagai Ficus Mutabilis ini sering dijadikan sebagai tali pengikat secara konvensional oleh masyarakat jaman dahulu, karena tekstur dari kayunya memanglah lentur namun kuat sekaligus kokoh, sehingga tidak mudah untuk putus. Ya, apabila dibayangkan kemungkinan besar penampakannya mirip dengan tali pepohonan rambat yang sering digunakan monyet, kera maupun orang hutan yang bergelantungan dari satu pohon ke pohon yang lain untuk mencari makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *