Keistimewaan Pohon Kimeng/Ficus Microcarpa Untuk Obat Tradisional

Pohon Kimeng Ficus Microcarpa

Pohon Kimeng Ficus Microcarpa

Ficus Microcarpa – Di Indonesia spesies Ficus Microcarpa ini lebih dikenal dengan sebutan Pohon Kimeng atau Cina Bayan. Yang mana tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh masyarakat tempo dulu. Supaya bisa mengetahui sendiri seperti apa manfaat yang diperoleh dari tanaman ini, cara yang bisa dilakukan adalah mengenalinya terlebih dahulu.

Klasifikasi khusus dari spesies tanaman ara yang satu ini adalah bentuk batang pohonnya yang memiliki warna abu-abu terang dengan tekstur yang halus. Tanaman yang satu ini dikategorikan sebagai pohon ara kecil, karena hanya bisa tumbuh maksimal setinggi 6 meter. Dedaunan yang dimilikinya berbentuk lonjong dengan ukuran yang agak lebar. Sementara buahnya adalah jenis bunga kuncup tertutup yang hanya bisa dimasuki oleh spesies lebah ara khusus yang hendak melakukan proses penyerbukan. Dari proses penyerbukan tersebut dihasilkan buah berwarna hijau kekuningan, kemudian ketika matang buahnya akan berubah menjadi oranye. Buah dari Ficus Microcarpa ini tidak bisa dimakan.

Daun Pohon Kimeng Ficus Microcarpa

Daun Pohon Kimeng Ficus Microcarpa

Buah Pohon Kimeng Ficus Microcarpa

Buah Pohon Kimeng Ficus Microcarpa

Bagian lain seperti daun hingga akarnya biasanya dijadikan sebagai obat tradisional. Kulit batang pohon dan bagian akarnya banyak digunakan sebagai obat demam. Daunnya diolah dengan cara dikeringkan yang dipercaya untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti influenza, rematik, malaria hingga bronkitis. Di dalam buah, akar sekaligus kulit batang pohon kimeng terdapat kandungan zat antioksidan, anti-bakteri dan anti-kanker. Dari sifat-sifat yang dimilikinya, tentu saja bagian-bagian dari pohon kimeng ini (kecuali buah) dapat digunakan sebagai obat anti kanker, karena perannya berfungsi untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh manusia.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi obat tradisional dari tanaman ini dalam porsi yang pas dan teratur. Jangan khawatir, Anda tak perlu membuat ramuan tersebut sendiri, karena di toko-toko jamu pedagang Tionghoa Anda sudah bisa menemukan dan membelinya.

Bonsai Pohon Kimeng Ficus Microcarpa

Bonsai Pohon Kimeng Ficus Microcarpa

Selain dijadikan sebagai tanaman obat, spesies ara Ficus Microcarpa ini sering dijadikan sebagai tanaman hias yang indah. Keberadaan dari tanaman ini juga tak luput dari perhatian para pencinta bonsai, karena tanaman ara dari spesies ini sering dijadikan pilihan bonsai populer di Indonesia. Tanaman ini merupakan jenis bonsai yang apabila dibentuk akan menampilkan sisi seni yang berkarakter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *