Keberadaan Ficus Cyclophylla yang Terancam Punah

Pohon Ficus Cyclophylla

Pohon Ficus Cyclophylla

Ficus Cyclophylla – Brazil merupakan negara asal sekaligus habitat asli dari tanaman ara yang satu ini. Pohon ini ditemukan hidup secara endemic di kawasan hutan. Ficus Cyclophylla adalah spesies yang bisa hidup di daerah dengan iklim tropis dan sub-tropis. Ficus ini menyukai habitat yang lembab, seperti di pinggir pantai, di pinggir rawa, di pinggir sungai dan lain sebagainya. Pada masa ini Ficus Cyclophylla terancam kehilangan habitat, sehingga keberadaannya pun terbilang langka.

Tanaman ara bukan hanya menggantungkan proses penyerbukan yang dilakukan oleh spesies lebah ara, karena lebah-lebah tersebut hanya dapat berkembang biak pada bunga dan buah ara tertentu. Apabila habitat asli dari tanaman ini hilang, hal tersebut pasti akan memberikan pengaruh besar terhadap perkembangbiakan spesies lebah ara yang menyerbukinya. Ketika sudah tidak ada lagi spesies lebah ara yang dapat membantu proses penyerbukannya, itu artinya tak adalah lagi buah ara yang matang.

Salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai penyebaran pertumbuhannya berasal dari biji buah tua, yang nantinya dapat dijadikan benih untuk tumbuh sebagai tanaman ara baru. Hal ini tentunya memberikan dampak yang besar terhadap siklus hidup tanaman Ficus Cyclophylla, jadi salah satunya cara yang bisa dilakukan untuk membudidayakannya hanya melalui bantuan manusia dengan cara melakukan cangkok maupun stek untuk ditanam sebagai tumbuhan baru.

Daun Ficus Cyclophylla

Daun Ficus Cyclophylla

Ficus Cyclophylla bukan termasuk pencekik ara, di habitat aslinya tanaman dapat tumbuh setinggi 20 meter. Batang pohonnya berwarna coklat dengan tekstur yang kasar dan pohon ini memiliki daun berbentuk oval dengan ukuran sedang. Bagian buahnya berbentuk bulat dengan warna hijau kekuningan ketika mentah dan ketika matang akan berubah warna menjadi ungu kemerahan. Sejauh ini belum ada hasil analisis yang menyatakan bahwa buah tersebut dapat dikonsumsi oleh manusia.

Buah Ficus Cyclophylla

Buah Ficus Cyclophylla

Pohon ara yang terancam punah ini bisa berbunga dan berbuah sepanjang tahun, namun pada saat musim semi dia akan menghasilkan bunga dan buah dalam jumlah besar. Buah dan daun dari tanaman ini lebih banyak dikonsumsi oleh beberapa spesies burung dan serangga, walaupun memiliki rasa yang hambar tapi para binatang tersebut menyukainya. Oleh karena itu, kehadiran pohon Ficus Cyclophylla begitu berpengaruh pada kehidupan para binatang, sehingga sangat disayangkan apabila sampai punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *