Fungsi dari Pot Bonsai

Pot merupakan salah stau peralatan tanaman untuk menempatkan tanaman agar tampak lebih bagus dan rapih, seperti halnya pot bonsai ini. Kebanyakan bonsai ditanam dan diletakkan di pot agar tampak lebih menarik dan terkesan tanaman hiasnya. Namun selain itu juga fungsi pot bonsai ini dapat lebih khusus, karena ada ketentuan tersendiri antara pohon bonsai dengan potnya, yaitu keserasian yang meliputi pot, ukuran pot, warna dan posisi dalam pot itu sehingga akan tampak menarik untuk tanaman bonsai tersebut. Nah karena bonsai ditanam didalam pot dengan media tanam yang terbatas, supaya kekerdilan dapat diepertahankan, maka fungsi pot untuk bonsai ini lebih sebagai alat pengerdil dan penunjang penampilan bonsai supaya lebih indah dan serasi.

Pot Bonsai

 

Perlu diketahui bahwa bentuk dari pot bonsai sendiri bermcam-macam, ada yang berbentuk geometris dan ada juga yang berbentuk tidak beraturan. Adapun variasi lainnya dari pot bonsai adalah  bentuk bibir pot, ada yang lurus saja, mencuat ke dalam atau mencuat keluar. Pada bagian bentuk dan tinggi pot haruslah disesuaikan dengan gaya bonsai sendiri, misalnya bonsai dengan gaya dasar miring, cocok tanam pada pot dengan bentuk persegi panjang atau oval dengan ketinggian pot rendah. Selain itu pula pada bonsia yang ditanam mencengkram batu sebaiknya dtanam pada pot yang lebih lebar dan dangkal/tipis agar bebatuannya lebih menonjool dibandingkan potnya.

Namun ada kalanya pula bonsai ditanam mencengkram batu dan seprti pohon yang tumbuh pada karang terjal atau pulai karang ditempatkan pada pot yang begitu tipis dan tidak berlubang dan terkadang diberi pasir putih di pot tersebut sehingga Nampak seperti batu karang dipantai. Untuk ukuran pot juga tentunya bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan ukuran bonsainya. Dalam hubungan antara ukuran pot dengan bonsai dapat dilihat dari 2 sudut berlainan yaitu dari tinggi bonsai atau dilihat dari lebarnya tajuk bonsai itu sendiri. Untuk tinggi bonsai diukur dari pangkal batang dekat tanah hingga pucuk bonsai. Sedangkan lebarnya dikukur dari ujung cabang terpanjang sebelah kiri hingga cabang terpanjang sebelah kanan. Jadi itu sekilas fungsi drai pot bonsai yang perlu anda ketahui bila hendak membudidayakan tanaman bonsai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *