Ciri Khas Dari Ficus Rubiginosa

 

Pohon Ficus Rubiginosa

Pohon Ficus Rubiginosa

Ficus Rubiginosa – Di Australia, spesies ara yang satu ini lebih dikenal sebagai pohon ara berkarat. Alasan utama, mengapa spesies ara Ficus Rubiginosa ini dijuluki sebagai pohon ara berkarat, dikarenakan batang pohonnya berwarna kuning kecoklatan sehingga menyerupai besi yang berkarat. Pohon ini bisa tumbuh setinggi 30 meter.

Batang Pohon Ficus Rubiginosa

Batang Pohon Ficus Rubiginosa

Daun Ficus Rubiginosa

Daun Ficus Rubiginosa

Daun Ficus Rubiginosa

Daun dari tanaman ini berbentuk oval, berukuran lebar, memiliki permukaan yang mengkilap dan memiliki warna yang bervariasi. Karena daunnya yang unik, tanaman ara yang satu ini banyak difungsikan sebagai tanaman hias, bonsai hingga pagar hidup.

Buah Ficus Rubiginosa

Buah Ficus Rubiginosa

Buah Ficus Rubiginosa

Buah Ficus Rubiginosa

Buah Ficus Rubiginosa

Ficus Rubiginosa ini tidak memiliki proses pembuahan dan pembungaan secara khusus, karena kedua siklus tersebut terjadi sepanjang tahun. Namun, pada saat musim panas – musim semi (iklim Australia) tanaman ara yang satu ini akan mengalami siklus pembungaan yang melimpah, sehingga buahnya pun juga akan tumbuh lebat. Buah tersebut berwarna hijau kekuningan, ketika matang warnanya akan berubah menjadi kemerahan.

Keberadaan buah yang diproduksinya tidak dapat dikonsumsi oleh manusia. Buah tersebut dihasilkan dari proses penyerbukan bunga dengan bantuan spesies lebah ara tertentu. Sebenarnya hasil produksi buahnya juga menjadi salah satu sumber makanan favorit bagi beberapa spesies burung, seperti burung beo dan burung kasuari. Apabila burung menyukainya, kenapa buah ara tersebut tidak bisa dikonsumsi oleh manusia? Aman bagi para burung, belum tentu aman pula bagi manusia, karena buah yang dihasilkan dari spesies tanaman ara ini mengandung getah berlebih yang bisa membuat tenggorokan menjadi gatal hingga teriritasi, apalagi rasa dari buah ini pun hambar.

Sejauh ini pemanfaatan tanaman ara dari Ficus Rubiginosa ini hanya sebatas dijadikan tanaman hias saja, karena ia memang lebih populer di kalangan para pencinta bonsai. Ukuran dan bentuk pohonnya yang unik, mampu menciptakan daya tarik tersendiri. Terlebih lagi tanaman Ficus Rubiginosa ini memiliki bentuk dan warna daun yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *