Ciri-Ciri Pohon Ficus Lacunata

Ficus Lacunata – Sama halnya dengan tanaman sejenisnya, Ficus Lacunata juga masuk dalam keluarga Moraceae. Yang membedakan adalah, tanaman ara yang satu ini dapat tumbuh menjadi pohon bebas dengan tinggi maksimal hingga 25 meter. Untuk habitatnya, pohon atau tanaman ini banyak ditemukan di kawasan pegunungan dan di kawasan hutan basah. Kendati hanya bisa hidup di kawasan yang dingin dan juga lembab, pohon Ficus Lacunata ini merupakan jenis tanaman yang rentan/mudah mati jika pada habitat aslinya mengalami kekeringan.

Daun dan Buah Ficus Lacunata

Daun dan Buah Ficus Lacunata

Pohon ini memiliki bentuk oval dengan tekstur yang kasar dan berukuran kecil serta pendek. Buahnya melekat pada tangkai daun, buah tersebut berbentuk bulat dengan diameter sekitar 2 hingga 2,9 cm.

Ficus Lacunata

Ficus Lacunata

Sejauh ini belum dapat diketahui, apakah buah ara dari Ficus Lacunata ini dapat dimakan ataupun tidak. Pasalnya, juga tidak ada hewan atau binatang yang terlihat mengkonsumsi buahnya, sehingga buah-buah ara tersebut kerap kali berserakan di tanah bersamaan dengan daun-daun kering yang berguguran. Jadi, kemungkinan besar bisa saja buah tersebut mengandung racun dan zat berbahaya lain.

Apabila beberapa spesies tanaman ficus lain, bagian daunnya dapat dijadikan pakan ternak, berbeda dengan Ficus Lacunata ini, yang mana bagian daunnya memiliki kandungan getah yang beracun dan dapat membuat kulit teriritasi.

Ficus Lacunata ini sepertinya belum memiliki nama lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *