Ciri-ciri dan Manfaat dari Pohon Ficus Deltoidea/Tabat Barito

Pohon Tabat Barito Ficus deltoidea

Tanaman Tabat Barito Ficus deltoidea

Ficus Deltoidea – Di Indonesia, khususnya di Pulau Kalimantan taman ficus dari jenis Deltoidea ini banyak sekali dijumpai. Deltoidea ini sendiri dikategorikan sebagai genus ficus / ara yang dapat dijadikan sebagai tanaman obat. Pasalnya, di dalam tanaman ini terdapat berbagai kandungan zat yang berperan untuk menyembuhkan penyakit dan juga dapat menambah stamina. Ficus Deltoidea di Indonesia dikenal sebagai Tabat Barito. Tanaman ini ternyata masuk dalam kategori tanaman langka yang dilindungi keberadaannya.

Tabat Barito merupakan tanaman dari jenis epifit, seperti benalu karena hidupnya tumbuh menumpang pada tanaman lain yang berukuran lebih besar. Tujuannya adalah, hanya untuk mendapatkan sinar matahari dengan kapasitas yang lebih banyak.

Pada awalnya, kebanyakan orang mengira bahwa tanaman ini akan banyak dijumpai di kawasan hutan belantara. Namun sebaliknya, karena tanaman ini tumbuh di kawasan belukar yang ada di tepi pantai maupun kawasan hutan pegunungan. Kendati begitu, Tabat Barito bukanlah jenis tanaman yang tumbuh di kawasan / wilayah hutan bakau.

Daun Pohon Ficus Deltoidea/Tabat Barito

Ficus Deltoidea atau Tabat Barito ini dikategorikan sebagai tanaman semak, karena hanya dapat tumbuh maksimal dengan ukuran tinggi yang mencapai 1,5 meter saja. Uniknya, daun dari tanaman ini memiliki bentuk yang berbeda, karena disesuaikan dengan jenis kelaminnya. Tabat Barito dengan daun berbentuk lonjong dan berukuran kecil adalah tanaman dengan jenis kelamin jantan, sedangkan yang betina memiliki daun berbentuk bulat dengan ukuran yang lebih besar.

Daun Atas Tanaman Tabat Barito Ficus deltoidea

Daun Atas Tanaman Tabat Barito Ficus deltoidea

Daun Bawah Tanaman Tabat Barito Ficus deltoidea

Daun Bawah Tanaman Tabat Barito Ficus deltoidea

Daun Tabat Barito memiliki warna hijau mengkilat dengan motif bintik berwarna emas di permukaannya. Sementara di bagian bawah daun berwarna kuning keemasan dengan motif bintik hitam. Sebenarnya, tanaman ini mudah sekali untuk dikenali karena memiliki daun yang unik dan menarik.

Buah Ficus Deltoidea/Tabat Barito

Buah Tabat Barito berbentuk bulat memiliki diameter 3-5 mm, dan berwarna kuning. Bijinya berbentuk bola berukuran kecil dan berwarna coklat.

Buah Tabat Barito Ficus deltoidea

Buah Tabat Barito Ficus deltoidea

Daging Buah Tabat Barito Ficus deltoidea

Daging Buah Tabat Barito Ficus deltoidea

Manfaat Ficus Deltoidea/Tabat Barito Bagi Kesehatan

Beralih pada pembahasan mengenai manfaat dan kegunaannya, dari hasil penelitian di dalam Tabat Barito ditemukan beberapa kandungan zat, berupa Flavonoid, Phenols, Tannis, Antioksidan dan Triterpenoids. Yang mana kandungan tersebut sangat berguna dalam berbagai hal, meliputi:

  • Dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker
  • Dapat memulihkan kondisi rahim setelah melahirkan
  • Dapat mengobati penyakit shipylis atau penyakit kencing nanah
  • Dapat mencegah penyakit berbahaya, seperti hipertensi, diabetes, TBC hingga penyakit jantung
  • Dapat meningkatkan peredaran darah di dalam tubuh
  • Dapat mengobati penyakit kulit

Dari sekian banyak manfaat dan kegunaan dari Ficus Deltoidea / tanaman Tabat Barito ini amat disayangkan sekali jika keberadaannya masih langka dan sulit ditemukan. Oleh karena itu, akan lebih jika kita tergerak untuk membudidayakannya, karena berapa pun jumlah yang masih ada sekarang di alam, tapi jika digunakan atau dimanfaatkan terus menerus, tanaman ini nantinya akan punah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, apa salahnya mencoba untuk membudidayakan dan melestarikan tanaman obat yang langka ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *