Cara Membuat Bonsai Beringin

Bonsai Beringin

Seperti yang telah kita ketahui bahwa terdapat banyak jenis bonsai, dan salah satunya adalah bonsai beringin yang paling di gemari oleh orang/penggemar tanaman bonsai. Pada tahun 80-an, pohon beringin merupakan tanaman primadona dikalangan pecinta tanaman hias, hingga banyak yang mencari dilereng-lereng gunung untuk mendapatkan pohon beringin yang bagus. Karena pohon beringin memiliki nilai tersendiri karena kelebihannya untuk dibentuk menjadi bonsai yang indah dan menarik. Dimana bentuk daun-daunya yang kecil dan juga sangat mudah untuk membentuk pola tertentu misalnya bulat dan lainnya. Nah bagi anda yang hobi menata bonsai dan masih kurang memahami untuk proses pembentukan bonsai pohon beringin, dibawah ini terdapat cara-cara yang sederhana yang dapat dilakukan dalam membuat bonsai beringin.

  • Pertama tanamlah pohon beringin di media tanam yang strukturnya padat dan rendah unsur haranya. Hal ini dilakukan supaya pohon beringin tidak berlebihan mendapatkan nutrisi makanan, karena bila berlebihan maka akan sulit untuk dilakukan proses pembentukkan di bagian batang.
  • Kemudian gunakanlah kawat stainless kurang lebih berdiameter minimal tiga milimeter yang akan berfungsi untuk membentuk dahan ke pola tertentu dalam jangka waktu yang tidka terbatas hingga dihasilkan pola yang diinginkan pada saat kawat tersebut dilepas. Adapaun cara pemasangan kawatnya untuk membuat bonsai beringin dengan dililitkan melingkar dari pangkal dahan kearah ujung dahan. Namun ingat harus hati-hati jangan sampai dahan patah. Adapun pada proses pelingkaran dapat dibantu dengan menggunakan tang supaya hasilnya dpaat maksimal. Karena biasanya ketika kawat lepas maka dahan akan menyisakan bekas lilitan yang menjadikan dahan tersbeut unik.
  • Lakukan pemupukan untuk menjaga kesehatan bonsai. Karena secara normal, kandungan unsur pupuk bonsai yang bisasanya diperlukan yaitu nitrogen, fosfor dan potassium.
  • Kemudian lakukan pemangkasan secara berkala pada daun-daun pohon beringin untuk dapat membuat bentuk bonsai menjadi lebih hidup dan cantik.

Jadi itulah sekilas cara membuat bonsai beringin yang sederhana. Karena dengan cara ini anda dapat memperaktekkannya bila anda hendak membuat bonsai beringin sebagai tanaman hias dirumah anda hingga tampak menarik dan mempesona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *